Smartphone kamu mati total dan tak mau di-charge? Coba tiga cara ini

Smartphone kamu mati total dan tak mau di-charge? Coba tiga cara ini

-

1. Periksa kabel charger dan adaptor yang digunakan

Smartphone kamu mati total dan tak mau di-charge? Coba tiga cara ini foto: freepik.com/user3802032

Langkah pertama sebelum kamu mengambil tindakan pada smartphone, ada baiknya memeriksa kelengkapan pengisian daya. Periksa kabel dan adaptor charger. Pastikan peralatan tersebut dalam keadaan baik. Caranya bisa kamu sambungkan dengan perangkat lain jika kamu memilikinya.

Jika pada perangkat lain alat pengisian tersebut bekerja berarti kondisinya bagus. Sebaliknya, jika ponsel lain tersebut tidak bereaksi ketika disambungkan dengan peralatan pengisian daya kamu, maka bisa dipastikan peralatan tersebut bermasalah.

Segera ganti peralatan pengisian daya tersebut. Usahakan menggunakan produk resmi. Jika menggunakan peralatan pengisian daya yang baru ternyata smartphone kamu bisa bekerja maka sumber masalah terletak pada peralatan pengisian daya tersebut.

2. Tekan dan tahan tombol power

Smartphone kamu mati total dan tak mau di-charge? Coba tiga cara ini foto: freepik.com/rawpixel.com

Jika kasus pertama tidak berhasil meski kamu sudah mengganti peralatan pengisian daya yang baru maka sebaiknya periksa smartphone kamu. Saat ini hampir semua smartphone menanam baterai di dalam smartphone.

Artinya, baterai tersebut tidak bisa dicopot pasang seperti smartphone lawas. Jika kamu mengalami kasus seperti di atas, coba tekan tombol power dan tahan beberapa detik, biasanya 5 sampai tujuh detik.

Tunggu hingga smartphone kembali menyala. Jika berhasil maka akan muncul menu awal. Cara ini kamu bisa coba untuk berbagai tipe smartphone yang menggunakan baterai built-in (tanam) atau baterai copot pasang.

3. Lakukan factory reset (bawaan pabrik)

Smartphone kamu mati total dan tak mau di-charge? Coba tiga cara ini foto: freepik.com/grinvalds

Jika kedua cara di atas sudah dilakukan dan ternyata smartphone kamu tetap tidak mau di-charge, sangat mungkin masalahnya terjadi pada software. Dengan catatan smartphone sudah bisa hidup ya. Maka alternatif yang bisa kamu lakukan adalh dengan mengembalikan sistem smartphone seperti kondisi awal (factory reset).

Berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan.

- Tekan dan tahan tombol volume naik, tombol home dan power secara bersamaan selama beberapa detik.

- Kemudian gunakan tombol volume naik untuk memilih menu factory reset dan tombol home untuk memilih opsi reset.

- Tunggu beberapa saat hingga proses pemulihan dimulai, lanjutkan dengan memilih menu Reboot system now.

Nah jika ketiga cara tersebut tetap saja gagal, maka sebaiknya bawa smartphone kamu ke service center resmi.

(brl/red)