Jalankan Android di PC Windows? Gunakan tool rilisan Google ini

Jalankan Android di PC Windows? Gunakan tool rilisan Google ini

Techno.id - Untuk menjalankan Android di PC Windows Anda, biasanya banyak software yang mendukung seperti Youwave dan Android SDK. Namun, penggunaan software ini sering mendapati masalah untuk Windows Anda, seperti masalah crash atau tidak berjalannya software saat bekerja di sistem operasi PC Anda.

Untuk itu, seperti yang dikutip dari TrustedReview.com (02/04/15), Google baru saja merilis tool yang memungkinkan Anda untuk menjalankan sistem Android pada PC Windows Anda. Tool ini disebut dengan ARC Welder, tool ini dapat bekerja pada sistem yang mendukung browser Google Chrome. Tentu saja, Anda dapat menggunakannya pada sistem operasi Windows, Mac, serta Chrome OS.

Ternyata, tool ini merupakan proyek Google ARC (App Runtime For Chrome) yang memungkinkan sejumlah pengembang untuk menjalankan aplikasi Android pada Chrome OS. Meskipun masih dalam versi beta, namun ARC Welder dapat digunakan secara bebas untuk siapa saja yang ingin mencobanya.

Di samping itu, ARC Welder masih menggunakan Android 4.4 atau KitKat, dan tidak menggunakan Android keluaran terbaru Google 5.0 atau Lollipop. Untuk menjalankan aplikasi atau memasang aplikasi pada tool ini, Anda harus mengkoversi terlebih dulu file Android APK menggunakan software. Meskipun begitu, ada beberapa aplikasi yang tidak mendukung pada sistem operasi PC Anda.

Sementara itu, belum jelas para pengembang akan menggunakan tool ini atau tidak, namun setidaknya ini bisa menjadi awal menyatukan ekosistem pada Android. Hal ini seperti upaya yang dilakukan Microsoft pada Windows 10 yang membuat App Store tunggal untuk menyatukan semua produk mereka menjadi sebuah ekosistem.

(brl/red)