Emulator RetroArch sekarang hadir di iPhone, iPad, dan Apple TV, begini cara menginstalnya

Emulator RetroArch sekarang hadir di iPhone, iPad, dan Apple TV, begini cara menginstalnya

Techno.id - Apple baru-baru ini menyesuaikan pedomannya untuk mengizinkan emulator game retro di App Store. Delta adalah emulator pertama yang benar-benar membuat heboh, dan sekarang, ada RetroArch dan PPSSPP. RetroArch sebenarnya bukan emulator, ini adalah frontend yang memuat emulator untuk lebih dari selusin konsol terkenal dan tidak dikenal. Kamu dapat melompat dari game Nintendo DS dan PlayStation ke judul Bandai WonderSwan dan Neo Geo Pocket, misalnya.

Mentransfer file ke RetroArch adalah salah satu kekhasan aplikasi di Sandbox dan tidak dapat menarik file langsung dari iCloud. Jadi, di iOS, kamu perlu memindahkan ROM secara manual ke folder RetroArch yang dibuat setelah menjalankan aplikasi terlebih dahulu. Jika kamu melakukan ini di Apple TV, maka perlu mentransfer ROM secara nirkabel.

Kamu juga harus menjalankan Pembaruan Online setelah pertama kali membuka RetroArch, karena beberapa asetnya hilang secara default. Sayangnya, beberapa inti emulasi tidak ada dalam rilis ini. Hanya inti internal dan inti yang sebelumnya disetujui untuk marketplace pihak ketiga yang disertakan dalam RetroArch di iOS dan tvOS. Kurangnya kompilasi JIT pada perangkat Apple juga mengunci emulasi 3DS.

Jika emulasi RetroArch berjalan terlalu cepat di perangkat kamu, itu karena emulator tidak menyinkronkan kontennya dengan kecepatan refresh perangkat. Kamu dapat memperbaiki masalah dengan membuka Pengaturan, memilih Video, menekan Sinkronisasi, dan memilih Sinkronkan dengan Kecepatan Bingkai Konten yang Tepat.

Lanjutkan dan unduh RetroArch dari App Store. Pastikan untuk memeriksa apakah kamu menginstal aplikasi yang benar, karena ada banyak sampah di App Store saat ini. Disarankan untuk membaca utas Reddit RetroArch, yang pada dasarnya telah berubah menjadi sesi pemecahan masalah. RetroArch memang memiliki panduan untuk iOS dan tvOS, tetapi panduan ini ditulis untuk sideloading, bukan untuk penginstalan App Store, jadi panduan tersebut tidak mutakhir.

(brl/red)