Cara screen record laptop tanpa aplikasi, bisa rekam resolusi tinggi

Cara screen record laptop tanpa aplikasi, bisa rekam resolusi tinggi

Techno.id - Screen record atau yang biasa dikenal juga dengan istilah rekam layar merupakan cara yang dilakukan untuk menangkap momen pada layar sebuah gadget. Screen record pada dasarnya bisa dilakukan baik di smartphone, tablet, laptop, komputer, dan perangkat lain seperti iPhone, iPad, MacBook, iMac, dan masih banyak lagi.

Umumnya proses screen record memerlukan bantuan aplikasi pihak ketiga agar keperluan ini bisa dilakukan dengan lancar. Namun hal itu tidak selalu benar, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar proses rekam layar bisa dikerjakan tanpa menggunakan bantuan aplikasi tambahan.

Proses screen record tanpa aplikasi tambahan tentunya bisa dilakukan pada berbagai perangkat. Tak terkecuali laptop, alat kerja satu ini juga bisa digunakan untuk melakukan screen record tanpa bantuan aplikasi. Meski tidak membutuhkan aplikasi, screen record pada laptop tentu tetap memerlukan persiapan agar bisa dilakukan dengan lancar.

Diperlukan beberapa penyesuaian agar screen record pada laptop bisa dilakukan dengan mudah serta menghasilkan kualitas perekaman yang tinggi. Untuk membahas cara tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Selasa (4/10), cara screen record laptop tanpa aplikasi.

Cara screen record laptop tanpa aplikasi

Screen record pada laptop tanpa bantuan aplikasi tambahan, kamu bisa menggunakan setidaknya dua cara berikut. Cara yang tersedia tentu memerlukan penyesuaian agar bisa digunakan untuk melakukan screen record dengan lancar. Kamu bisa memilih cara yang dianggap paling mudah untuk dilakukan. Untuk menyimak dua cara yang bisa dicoba untuk merekam layar pada laptop, kamu bisa simak penjelasan berikut.

Cara screen record laptop menggunakan Xbox Game Bar

Cara screen record laptop tanpa aplikasi, bisa rekam resolusi tinggi

foto: apps.microsoft.com

Xbox Game Bar sejatinya adalah fitur yang disediakan pada semua laptop dengan sistem operasi Windows 10 ke atas. Kamu bisa menemukan pengaturan Xbox Game Bar pada menu setting yang ada di setiap laptop. Sebelum menggunakan Xbox Game Bar untuk melakukan screen record, tentu ada beberapa persiapan yang diperlukan. Untuk mengetahui persiapan dan cara menggunakan Xbox Game Bar, kamu bisa ikuti langkah berikut.

1. Masuk ke menu Setting pada laptop yang kamu pakai.
2. Cari menu Gaming kemudian klik dua kali. Pada menu gaming, telah tersedia beberapa instruksi yang bisa kamu lihat.
3. Untuk mulai melakukan screen record, kamu bisa tekan Win + G secara bersamaan.
4. Akan ada beberapa menu yang muncul ketika kamu menekan Win + G. Tidak hanya bisa merekam layar, kamu juga bisa melakukan screenshot, menghidupkan game mode, membuka pengaturan, dan masih banyak lagi.
5. Untuk mulai melakukan screen recording, kamu bisa klik Start Recording.
6. Jika recording sudah cukup, kamu bisa klik Pause atau Stop.

Cara screen record laptop menggunakan Extension

Cara screen record laptop tanpa aplikasi, bisa rekam resolusi tinggi

foto: chrome.google.com

Selain menggunakan Xbox Game Bar, ada cara lain yang bisa kamu gunakan yaitu Extension. Extension sendiri merupakan sebuah fitur yang disediakan oleh Chrome untuk memudahkan keperluan setiap pengguna. Salah satu Extension yang ada pada Chrome adalah screen record. Sama seperti Xbox Game Bar, menggunakan Extension tentu memerlukan beberapa persiapan dan penyesuaian. Untuk mulai menggunakan Extension Chrome, kamu bisa simak langkah berikut.

1. Buka Chrome dan masuk ke Chrome Web Store.
2. Kamu bisa masuk ke kolom pencarian dan ketikkan Awesome Screenshot & Screen Recorder.
3. Jika sudah muncul, klik Add to Chrome kemudian klik Add Extension.
4. Buka tab baru kemudian klik ikon garis tiga pada pojok kanan atas kemudian buka Setting.
5. Scroll ke bagian bawah dan masuk ke menu Extension.
6. Cari Awesome Screenshot & Screen Recorder kemudian jangan lupa untuk klik Pin.
7. Buka Awesome Screenshot & Screen Recorder yang sudah ditambahkan sebelumnya, kemudian klik menu Recorder.
8. Jika ingin mulai merekam, kamu bisa klik Start Recording. Jika dirasa perekaman layar sudah cukup, klik Stop Recording untuk menghentikan proses perekaman layar.


(brl/guf)