Cara gunakan fitur SOS di iPhone, bantu percepat pertolongan darurat

Cara gunakan fitur SOS di iPhone, bantu percepat pertolongan darurat

Techno.id - Brand gadget terbesar asal Amerika, Apple memiliki jajaran smartphone dengan nama iPhone. Ponsel pintar tersebut mempunyai segudang fitur menarik yang bisa dipakai oleh pengguna. Salah satu fitur pada perangkat iPhone adalah SOS.

SOS iPhone merupakan fitur untuk membantu pengguna melakukan panggilan darurat ke kontak tertentu. Seperti namanya, fitur SOS dapat dipergunakan untuk melakukan kontak dengan penyelamat ketika terjadi peristiwa bencana, kecelakaan, kejahatan dan lain sebagainya. Dengan sistem UI sederhana, pengguna dapat terhubung ke regu penyelamat secara cepat.

Fitur SOS pada iPhone sangat mudah digunakan. Pengguna tinggal menekan opsi Panggilan Darurat di menu panggilan. Bahkan pengguna tak perlu repot membuka layar kunci untuk melakukan panggilan darurat.

Fitur SOS memang sangat penting dinyalakan, terlebih sebuah musibah menimpa siapa saja dan kapan saja tanpa aba-aba. Namun sayangnya, beberapapengguna belum mengetahui secara detail bagaimana cara menggunakan fitur tersebut. Oleh karena itu, techno.id pada Senin (3/10) akan memberikan cara mudah menggunakan fitur SOS di iPhone yang dihimpun dari berbagai sumber.

Cara menghubungi layanan darurat di iPhone 8

Cara gunakan fitur SOS di iPhone, bantu percepat pertolongan darurat

foto: support.apple.com

- Bagi pengguna iPhone 8 dan versi lebih baru, silakan untuk menekan tombol power dan salah satu tombol volume.
- Bagi pengguna iPhone 7 dan versi lebih lama, silakan tekan tombol power secara cepat sebanyak lima kali.
- Pengguna akan diberikan tampilan panggilan darurat, kemudian geser tombol SOS.
- iPhone secara otomatis akan menghubungi kontak dari layanan panggilan darurat yang disediakan oleh pihak berwenang setempat.
- Setelah panggilan selesai, iPhone secara otomatis akan mengirimkan pesan mengenai lokasi pengguna kepada kontak darurat.
- Pengiriman pesan bisa dibatalkan oleh pengguna apabila tidak diperlukan.

Cara menghubungi kontak darurat pribadi

Cara gunakan fitur SOS di iPhone, bantu percepat pertolongan darurat

foto: support.apple.com

- Langkah pertama, silakan untuk tambahkan kontak darurat pribadi yang diperlukan. Caranya, buka menu Settings, kemudian pilih opsi Kesehatan.
- Kemudian pilih opsi ID Medis, kemudian tekan Buat ID Medis.
- Setelah itu, tambahkan beberapa informasi mengenai kondisi medis, riwayat pengobatan, golongan darah, dan tentunya kontak darurat yang ingin dituju.
- Untuk melakukan panggilan ke kontak darurat pribadi di iPhone 8 dan versi lebih baru, tekan tombol power dan salah satu tombol volume.
- Sedangkan untuk pengguna iPhone 7 dan versi lebih lama, silakan untuk tekan tombol power secara cepat selama lima kali.
- Setelah tampilan menu panggilan darurat terbuka, geser tombol Medical ID.
- Secara otomatis kontak darurat akan muncul.
- Klik nomor telepon kontak, maka iPhone akan membuat panggilan secara otomatis.

Itulah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk melakukan panggilan darurat. Cukup mudah bukan. Selamat mencoba!


(brl/guf)