Cara operasikan layar smartphone yang tidak bisa digerakkan, ini yang perlu dilakukan

Cara operasikan layar smartphone yang tidak bisa digerakkan, ini yang perlu dilakukan

Techno.id - Smartphone merupakan salah satu perangkat elektronik yang memiliki banyak sekali fungsi. Sebagai sebuah benda kecil dengan ukuran yang bisa dibilang ringkas, penggunaan smartphone sebagai perangkat harian tentu memudahkan banyak keperluan. Maka dari itu, tak heran jika tidak sedikit orang memilih smartphone untuk menemani kebutuhan setiap orang.

Meski bisa dibilang nyaris sempurna jika digunakan untuk memenuhi kebutuhan harian, namun smartphone tentu memiliki kekurangan. Tak jarang ada beberapa smartphone yang tidak bisa dioperasikan dengan baik, khususnya di bagian layar. Kendala ini tentu membuatHP tidak bisa digunakan dengan baik.

Akun TikTok/@easyphoneshop menjelaskan sebuah cara yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Cukup gunakan satu buah alat, masalah layar tidak bisa digerakkan pada smartphone dapat diatasi dengan baik.

Tak perlu berlama-lama, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Jumat (27/1), cara operasikan layar smartphone yang tidak bisa digerakkan.

Cara operasikan layar smartphone yang tidak bisa digerakkan

Cara operasikan layar smartphone yang tidak bisa digerakkan, ini yang perlu dilakukan

foto: TikTok/@easyphoneshop

Melalui sebuah unggahan video, akun TikTok/@easyphoneshop menjelaskan cara yang dapat dilakukan untuk mengoperasikan smartphone meski layar perangkat tersebut tidak bisa digerakkan dengan baik. Kamu hanya membutuhkan sebuah mouse untuk mengatasi masalah tersebut. Baik mouse wireless maupun wired, dua jenis mouse tersebut dapat digunakan untuk menggerakan kursor sebagai pengganti sentuhan pada layar.

Namun perlu diingat, jika kamu ingin menjajal cara satu ini, pastikan terlebih dahulu bahwa smartphone kamu telah mendukung USB OTG atau on the go. Dengan adanya dukungan USB OTG, proses menggeser layar dengan mouse bisa dilakukan dengan mudah. Tak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan mouse sebagai pembuka kunci pola atau mengetikkan PIN yang digunakan untuk mengunci smartphone.

Cara operasikan layar smartphone yang tidak bisa digerakkan, ini yang perlu dilakukan

foto: TikTok/@easyphoneshop

Cara menggunakan fitur ini pada dasarnya sangat sederhana. Kamu hanya perlu menghubungkan mouse dengan dongle USB A to C kemudian memasangkannya sesuai port yang ada. Dongle yang ujungnya USB C kamu pasangkan ke smartphone, sedangkan bagian USB A kamu isi dengan dongle mouse. Jika sudah terpasang semua, gerakkan mouse untuk menampilkan kursor pada smartphone. Dengan cara ini, kamu tidak perlu cemas saat layar smartphone kamu tidak bisa digerakkan dengan baik menggunakan sentuhan jari.

@easyphoneshop Conoscevi questo trucchetto? Diccelo nei commenti #lifehacks #smartphone suono originale - Smartphone e non solo

(brl/guf)