Cara mudah Top Up E-Toll via LinkAja untuk perjalanan mudik Lebaran, nggak perlu antre di rest area

Cara mudah Top Up E-Toll via LinkAja untuk perjalanan mudik Lebaran, nggak perlu antre di rest area

Techno.id - Jalur tol menjadi salah satu pilihan utama pemudik pada Lebaran 2023. Maklum, saat ini jalan tol sudah membentang dari barat sampai timur pulau Jawa dan Sumatera. Dengan menggunakan jalan tol diharapkan perjalanan bisa jadi lebih cepat.

Nah karena saat ini sistem pembayaran jalan tol menggunakan nontunai, karena itu pemudik mesti menyiapkan kartu e-Toll dengan saldo yang cukup. Sebagai informasi, kini sudah ada banyak kartu e-Toll dari penyedia layanan pembayaran digital seperti BNI TapCash, Flazz dari BCA, Brizzi dari Bank BRI, serta e-money keluaran Bank Mandiri. Beragam kartu tersebut bisa dipakai untuk pembayaran tol.

Untuk mengisi salso e-Toll juga nggak ribet. Banyak cara bisa dilakukan termasuk menggunakan platform e-wallet LinkAja. Sebagai platform dompet digital, LinkAja menyediakan fitur top up kartu e-Toll untuk e-money Mandiri, Brizzi, dan BNI Tap Cash. Dengan demikian, kamu bisa melakuka isi ulang kartu e-Toll tanpa harus mengantri di rest area.

Lantas bagaimana cara top up saldo e-Toll via LinkAja? Berikut techno.id sajikan, cara mudah Top Up E-Toll via LinkAja untuk perjalanan mudik Lebaran.

Cara mudah Top Up E-Toll via LinkAja untuk perjalanan mudik Lebaran, nggak perlu antre di rest area foto: techno.id/adnan qurunul bahri

1. Unduh dan instal aplikasi LinkAja jika belum mempunyai aplikasi di device yang digunakan

2. Kemudian login atau registrasi akun menggunakan nomor telepon

3. Setelah selesai, pengguna akan dibawa ke halaman utama dan menemukan beragam fitur pembayaran digital

4. Tentu saja setelah aplikasi LinkAja terinstal kamu harus top up saldo LinkAja

5. Setelah kamu memiliki saldo LinkAja, untuk mengisi saldo e-Toll silakan klik opsi Lainnya

6. Klik tools Kartu Uang Elektronik

7. Selanjutnya, pengguna akan diarahkan ke pengisian kode yang tertera di kartu e-Toll

8. Klik Lanjut

9. Masukkan nominal top up yang diperlukan

10. Sebagai catatan, akan ada biaya admin senilai Rp 1.000 yang harus dibayarkan

11. Klik Konfirmasi untuk meneruskan pembayaran

12. Selesai. Kini top up saldo e-Toll sudah terisi dan siap digunakan.

Langkah selanjutnya adalah melakukan update dengan menempelkan kartu e-e-Toll pada bagian belakang smartphone. Pastikan ponsel yang digunakan sudah memakai NFC, ya sob! Silakan nyalakan fitur NFC untuk melakukan transfer saldo ke kartu.

Nah, bagaimana jika smartphone tidak mempunyai NFC? Silakan lakukan pengisian saldo melalui ATM Himbara (Himpunan Bank Negara) atau minimarket terdekat. Itulah beberapa cara untuk melakukan pengisian saldo e-toll dengan LinkAja. Semoga perjalanan mudik Lebaran mu lancar, ya sob. Selamat mencoba!

(brl/red)