Cara mudah streaming video di TV LED lawas, tak perlu beralih ke smart TV baru

Cara mudah streaming video di TV LED lawas, tak perlu beralih ke smart TV baru

Techno.id - Streaming atau yang dikenal juga dengan istilah siaran langsung merupakan salah satu cara untuk menikmati banyak hiburan. Hadirnya fitur unggulan satu ini tentu memberikan kemudahan bagi banyak orang untuk mendapat akses hiburan di sektor audio visual. Melalui berbagai media penyedia jasa streaming, akses hiburan satu ini bisa didapat dengan mudah.

Jika umumnya streaming dilakukan di perangkat andal seperti smartphone, laptop, komputer, serta smart TV, namun beberapa perangkat lawas seperti TV LED ternyata bisa digunakan streaming. Meski terbilang cukup berbeda, namun menikmati tayangan streaming di TV LED lawas tak kalah menarik untuk dicoba.

Tak perlu harus beralih ke smart TV baru, melakukan streaming berbagai tayangan bisa dilakukan dengan mudah di TV LED lawas. Untungnya, sudah ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memudahkan proses streaming di TV LED lawas tanpa perlu repot dan ribet. Meski membutuhkan modal tambahan, namun kualitas streaming yang didapatkan sama bagusnya jika dibandingkan dengan hasil streaming dari smart TV.

Tak perlu berlama-lama, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Jumat (6/1), cara mudah streaming video pada TV LED lawas.

Cara mudah streaming video pada TV LED lawas

Pada dasarnya cara streaming di TV LED lawas bisa dilakukan dengan mudah. Sudah ada berbagai cara yang dapat dicoba untuk merealisasikan keinginan tersebut. Kamu bisa menggunakan beberapa perangkat tambahan yang pada dasarnya bisa dibeli dengan harga yang cukup murah.

Tak perlu berlama-lama, kamu bisa simak ulasan berikut untuk mulai menyaksikan tayangan streaming pada TV LED lawas.

1. Menonton streaming menggunakan Miracast

Cara mudah streaming video di TV LED lawas, tak perlu beralih ke smart TV baru

foto: unsplash.com

Miracast merupakan sebuah teknologi yang bisa digunakan untuk menampilkan layar perangkat lain pada TV LED lawas. Singkatnya, sistem kerja Miracast adalah menghubungkan TV LED lawas dengan perangkat elektronik lain seperti smartphone. Kamu bisa menghubungkan Miracast pada TV LED yang dimiliki kemudian dikoneksikan pada smartphone.

Setelah proseskoneksi selesai, layar smartphone kamu bisa ditampilkan pada TV LED. Selanjutnya, kamu bisa memulai menonton siaran streaming pada smartphone. Dengan demikian, gambar yang ditampilkan pada smartphone bisa dinikmati dengan mudah pada layar TV LED yang lebih luas.

2. Menonton streaming menggunakan Android TV Box

Cara mudah streaming video di TV LED lawas, tak perlu beralih ke smart TV baru

foto: unsplash.com

Selain menggunakan Miracast, kamu juga bisa memanfaatkan Android TV Box untuk streaming pada TV LED. Secara umum, penggunaan Android TV Box hampir mirip seperti Miracast. Hanya saja Android TV Box tidak perlu dikoneksikan pada perangkat lain seperti smartphone.

Kamu bisa membeli Android TV Box pada toko online maupun offline. Untuk menggunakan Android TV Box sendiri pada dasarnya cukup mudah. Kamu hanya perlu menghubungkan perangkat ini pada TV LED agar bisa terhubung dengan koneksi internet dan beragam fitur lainnya.

3. Menonton streaming menggunakan Google Cast

Cara mudah streaming video di TV LED lawas, tak perlu beralih ke smart TV baru

foto: unsplash.com

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk melakukan streaming video pada TV LED lawas adalah memanfaatkan Google Cast. Secara umum, Google Cast hampir mirip seperti dua perangkat di atas. Kamu bisa membeli Google Cast kemudian pasangkan pada TV LED yang dimiliki. Setelah terpasang dengan benar, kamu bisa mendownload Google Home pada perangkat lain yang akan dihubungkan dengan Google Cast seperti smartphone.

Setelah menginstal Google Home pada smartphone, kamu bisa menghubungkan dua perangkat yang ada. Sebagai informasi tambahan, yang telah terpasang pada TV LED Google Cast biasanya dinamai dengan Chromecast.


(brl/guf)