Cara mudah sembunyikan aplikasi pada HP Xiaomi, bantu jaga privasi

Cara mudah sembunyikan aplikasi pada HP Xiaomi, bantu jaga privasi

Techno.id - Smartphone menjadi sebuah perangkat yang diandalkan banyak orang saat ini. Hal tersebut disebabkan ponsel pintar memiliki aneka ragam fungsi selain berkomunikasi. Mulai dari keperluan untuk bersosial media hingga hiburan seperti bermain game maupun menonton video bisa dilakukan. Terlebih smartphone juga dapat menunjang aktivitas produktif seperti bekerja, belajar hingga berbisnis. Tak heran keberadaan smartphone tidak pernah lepas dari genggaman penggunanya.

Smartphone juga dapat difungsikan untuk menyimpan file penting pengguna. Kemudahan bisa mendapatkan berbagai file melalui banyak aplikasi maupun browser smartphone menjadi latar belakang pengguna menyimpan file di ponselnya. Terlebih saat ini kapasitas penyimpanan dari smartphone tidak kalah besar dari PC maupun laptop sekalipun. Maka dari itu banyak pengguna memilih menyimpan file di penyimpanan telepon agar lebih mudah diakses.

Sistem operasi smartphone Android juga mendukung pengguna bisa menyimpan berbagai file maupun aplikasi pribadinya. Bahkan salah satu brand smartphone terbesar yaitu Xiaomi memiliki sistem agar sebuah aplikasi dapat disembunyikan. Ya, bagi kamu pengguna smartphone Xiaomi bisa menyimpan aplikasi pada folder rahasia tanpa bantuan pihak ketiga loh.

Xiaomi sangat mendukung langkah Android untuk memberikan kekuasaan privasi lebih tinggi bagi penggunanya. Hal tersebut diwujudkan pada ponsel Xiaomi yang bisa menyembunyikan aplikasi tertentu dengan mudah. Hal tersebut bertujuan agar membatasi ruang gerak orang tidak bertanggung jawab yang berusaha melakukan pencurian data privasi pengguna.

Fitur menyembunyikan aplikasi dari Xiaomi bekerja dengan tidak menampilkan platform tertentu pada layar "Home". Terdapat halaman khusus untuk meletakan aplikasi yang dipilih pengguna agar tidak mudah diakses orang lain. Lalu bagaimana cara mengaktifkan fitur tersebut? Kali ini techno.id akan memberikan cara mudah sembunyikan aplikasi pada HP Xiaomi yang dirangkum dari berbagai sumber pada Kamis (4/8). Yuk ikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara mudah sembunyikan aplikasi pada HP Xiaomi, bantu jaga privasi

foto: techno.id/ Adnan

1. Silakan masuk ke menu Keamanan perangkat Xiaomi yang digunakan. Biasa terletak pada tampilan Home apabila pengguna masih menggunakan tema standar.
2. Kemudian scroll ke bawa sampai masuk ke menu "Alat"
3. Kemudian ketuk opsi "Apl Tersembunyi" atau "Hidden App"
4. Pengguna akan dibawa ke menu daftar aplikasi yang terinstal.
5. Silakan untuk geser toggle pada aplikasi yang ingin disembunyikan.
6. Secara otomatis aplikasi langsung disembunyikan oleh sistem dan tidak muncul pada layar "Home" perangkat.

Untuk mengakses aplikasi yang telah disembunyikan tersebut cukup mudah. Pengguna hanya perlu mengarahkan dua jari tangan ke menu Home, kemudian bentuk gerakan zoom out atau memperlebar layar. Setelah melakukan hal tersebut secara otomatis pengguna akan dibawa oleh sistem ke halaman aplikasi tersembunyi.

Cara mudah sembunyikan aplikasi pada HP Xiaomi, bantu jaga privasi

foto: pixabay.com

Apabila ingin menambah keimanan, pengguna juga dapat memberikan sandi tertentu pada aplikasi yang dipilih. Adapun untuk mengembalikan aplikasi tersebut ke layar Home, cukup mematikan toggle pada aplikasi yang diinginkan di menu Apl Tersembunyi.

Itulah beberapa langkah mudah untuk menyembunyikan aplikasi pada ponsel Xiaomi. Namun perlu dicatat hal ini dapat dilakukan pada smartphone yang menggunakan MIUI 12.5.4. atau lebih tepatnya ponsel Redmi Note 9 ke atas. Selamat mencoba!

(brl/guf)