Cara mudah kirim pesan rahasia melalui Gmail, keamanannya terjamin

Cara mudah kirim pesan rahasia melalui Gmail, keamanannya terjamin

Techno.id - Salah satu cara untuk berkirim pesan di era digital seperti sekarang ini adalah menggunakan surat elektronik atau surel. Email atau bisa disebut surel menjadi cara paling cepat, efisien dan mudah untuk berkomunikasi. Bahkan hampir seluruh pengguna gadget telah memiliki akun email yang digunakan setiap harinya.

Saat ini platform layanan surel yang sangat populer adalah Gmail. Produk yang dikembangkan oleh Google sejak 2004 tersebut menjadi wadah terbesar untuk berkirim pesan. Bahkan kapasitas yang dimiliki Gmail untuk satu akun sangat besar. Oleh karena itu, banyak pengguna menggunakan Gmail untuk menjadi akun dasar maupun utama mereka.

Gmail memiliki berbagai fitur yang bisa digunakan oleh pengguna. Mulai dari mengirimkan pesan biasa, mengirimkan dokumen, hingga terdapat grup untuk memudahkan dalam berkomunikasi secara kolektif. Namun tahukah kamu jika Gmail mempunyai fitur untuk berkirim pesan rahasia? Jika belum simak penjelasan berikut ini.

Sebagai platform untuk berkirim besar secara masif ternyata Gmail memiliki fitur Confidential Mode. Boleh dikatakan fitur tersebut dapat mengirimkan pesan secara rahasia ke email yang dituju. Fitur yang hadir sejak 2018 lalu tersebut dapat secara otomatis menghapus pesan yang telah terkirim. Tidak hanya itu, fitur pesan rahasia juga menjamin keamanan kerahasiaan pesan karena mampu mencegah penerima untuk menyalin, meneruskan, mengunduh maupun mencetak pesan dalam email yang diterima.

Confidential Mode dapat digunakan untuk pengguna yang ingin mengirim pesan lebih privat. Bahkan fitur tersebut bisa diakses menggunakan berbagai software browser maupun perangkat. Lalu bagaimana cara menggunakan fitur penting tersebut? Kali ini techno.id akan memberikan cara mudah kirim pesan rahasia melalui Gmail yang dihimpun dari berbagai sumber pada Kamis (25/8).

Cara kirim pesan rahasia Gmail melalui browser

1. Silakan untuk buka laman Gmail dan login ke akun yang dimiliki.

2. Setelah itu silakan untuk klik opsi Compose

3. Kemudian masukan pesan rahasia yang ingin dikirim. Pengguna bisa menyiapkan terlebih dahulu pesannya, atau dapat menuliskan secara langsung.

4. Setelah pesan selesai ditulis, silakan klik ikon bergambar gembok dengan ada logo jam.

Cara mudah kirim pesan rahasia melalui Gmail, keamanannya terjamin

foto: Techno.id/Adnan

5. Pengguna akan disajikan pop-up berisikan pengaturan kapan pesan tersebut dapat terhapus.

6. Untuk mengatur waktu pesan dapat terhapus dapat menggunakan opsi Set Expiration.

Cara mudah kirim pesan rahasia melalui Gmail, keamanannya terjamin

foto: Techno.id/Adnan

7. Pengguna dapat mengatur pesan dapat terhapus mulai dari satu hari, satu minggu, satu bulan, tiga bulan, hingga lima tahun.

8. Kemudian pengguna dapat mengatur keamanan berlapis dengan opsi "SMS passcode". Opsi tersebut memungkinkan penerima mendapatkan SMS untuk mendapatkan kode untuk mengakses pesan.

9. Setelah penyuntingan selesai, silakan untuk tekan Save dan pesan siap dikirim.

Cara kirim pesan rahasia Gmail melalui smartphone

1. Silakan untuk buka aplikasi Gmail.

2. Kemudian tekan tombol "Compose" di sisi kiri atas layar.

3. Silakan untuk tulis pesan rahasia yang diinginkan.

4. Setelah pesan selesai ditulis, tekan ikon ikon tiga titik yang terletak di pojok kanan atas layar.

5. Silakan untuk pilih opsi "Confidential mode"

6. Pengguna akan disajikan pop-up berisikan pengaturan kapan pesan tersebut dapat terhapus.

7. Untuk mengatur waktu pesan dapat terhapus dapat menggunakan opsi Set Expiration

8. Pengguna dapat mengatur pesan dapat terhapus mulai dari satu hari, satu minggu, satu bulan, tiga bulan, hingga lima tahun.

9. Kemudian pengguna dapat mengatur keamanan berlapis dengan opsi "SMS passcode". Opsi tersebut memungkinkan penerima mendapatkan SMS untuk mendapatkan kode untuk mengakses pesan.

10. Setelah penyuntingan selesai, silakan untuk tekan Save dan pesan siap dikirim.

Itulah beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengirimkan pesan rahasia kepada partner Gmail. Cukup mudah bukan. Selamat mencoba!


(brl/guf)