7 Cara atasi masalah login pada akun Gmail, mudah dan cepat

7 Cara atasi masalah login pada akun Gmail, mudah dan cepat

Techno.id - Di era digital sekarang ini cara mudah untuk dapat saling berkomunikasi adalah dengan mengirimkan sebuah surel atau surat elektronik. Surel atau bisa disebut email menjadi andalan banyak orang agar saling terhubung secara virtual dengan cepat. Terlebih email memiliki nilai plus yaitu efisiensi waktu dan biaya.

Email bisa diakses melalui berbagai perangkat elektronik, seperti PC, laptop hingga ponsel pintar sekali pun. Salah satu platform besar yang memiliki layanan email adalah Gmail. Platform miliki Google tersebut menjadi wadah terbesar yang digunakan saat ini. Bahkan dengan satu akun Gmail, seseorang bisa mengakses banyak media sosial maupun platform lainnya.

Gmail menjadi platform paling diandalkan untuk mengirimkan surel. Namun pernahkan kamu mengalami kendala saat ingin login Gmail? Tentu sangat menyebalkan bukan? Terlebih kamu harus segera masuk ke akun Gmail karena tuntutan pekerjaan maupun kegiatan belajar mengajar.

Ada beberapa faktor penyebab kamu tidak bisa login ke Gmail. Bisa jadi penyebabnya adalah browser atau aplikasi dari Gmail sedang mengalami error. Kemudian bisa saja perangkat yang digunakan bisa mengalami masalah seperti tidak jaringan internet, kapasitas penyimpanan minim, sampai terkena virus malware. Lalu apa yang harus dilakukan saat pengguna tidak bisa login ke Gmail? Kali ini techno.id telah merangkum 7 cara atasi masalah login pada akun Gmail yang dirangkum dari berbagai sumber pada Selasa (23/8).

1. Tutup aplikasi Gmail.

7 Cara atasi masalah login pada akun Gmail, mudah dan cepat

foto: google.com

Cara awal paling mudah dilakukan adalah dengan menutup aplikasi Gmail. Apabila pengguna menggunakan browser silakan tutup dahulu tab laman Gmail. Hal tersebut membuat aplikasi melakukan refresh agar kembali stabil.

2. Cek jaringan internet.

Salah satu penyebab Gmail tidak dapat login adalah jaringan internet mengalami masalah. Apabila pengguna menggunakan ponsel, maka silakan cek kuota masihkan terisi atau tidak. Kemudian pengguna bisa memeriksa WiFi yang disambungkan. Selain itu, pengguna bisa melakukan pengecekan apakah provider sedang mengalami trouble ataupun tidak.

3. Silakan ganti browser.

7 Cara atasi masalah login pada akun Gmail, mudah dan cepat

foto: pixabay.com

Masalah lain penyebab Gmail tidak bisa login ada pada browser yang digunakan. Bisa saja software browser sedang mengalami troubleshoot, sehingga pengopersiannya mengalami masalah. Selain itu, bisa saja browser mendapatkan bug dan perlu di update. Cara mengatasinya silakan untuk berganti browser atau bisa melakukan pembaharuan aplikasi browser.

4. Periksa status Gmail.

Bisa saja penyebab pengguna tidak bisa login adalah Gmail sedang mengalami server down. Untuk mengetahuinya pengguna bisa mengecek ke laman Google Workspace dan masuk ke Status Dashboard. Silakan cek apakah Gmail mengalami kendala pada server ataukah tidak. Apabila sedang down, pengguna bisa menunggu beberapa saat agar pihak developer melakukan perbaikan.

5. Hapus cache.

Cache menjadi penyebab paling sering muncul. Pengguna tidak bisa login ke Gmail bisa saja disebabkan karena cache menumpuk terlampau banyak dan membebani perangkat. Akibat perangkat tidak bisa secara maksimal dalam melakukan pengoperasian aplikasi Gmail. Silakan hapus cache yang tidak diperlukan melalui menu pengaturan perangkat.

Pengguna juga bisa menghapus cache dari Gmail saja. Cara cukup masuk ke pengaturan dan pilih menu pengaturan aplikasi. Silakan pilih Gmail dan ketuk bersihkan Cache.

6. Reset akun Gmail.

7 Cara atasi masalah login pada akun Gmail, mudah dan cepat

foto: pixabay.com

Login Gmail mengalami kendala bisa saja disebabkan karena akun mengalami masalah. Problem tersebut bisa muncul akibat pengguna lupa pada nama akun atau alamat email, hingga lupa pada password sehingga akun terblokir secara sementara.

Untuk mengatasinya pengguna bisa masuk ke laman Google Account Recovery. Pada laman tersebut terdapat pilihan cara untuk memulihkan akun. Pengguna dapat memasukan alamat email apabila ingat, atau bisa menggunakan nomor telepon yang tersambung dengan akun. Kemudian masukan nama pertama dan terakhir pengguna. Nantinya akan ada kode verifikasi di alamat email alternatif atau nomor telepon yang dimasukan.

Setelah menerima kode verifikasi, silakan masukan kode tersebut pada kolom yang disediakan. Kemudian pengguna diminta untuk membuat password baru. Tujuan agar akun email dapat kembali login dengan sandi yang baru.

7. Matikan extension.

Bagi kamu yang menggunakan browser untuk membuka Gmail silakan matikan semua ekstensi terlebih dahulu. Karena bisa jadi masalah bisa disebabkan karena plugin ekstensi bertentangan dengan Gmail. Caranya cukup mudah, pengguna bisa masuk ke menu pengaturan dan pilih extension. Silakan geser toggle ke posisi non-aktif.

Itulah beberapa cara mengatasi penyebab pengguna tidak bisa login pada akun Gmail. Apabila cara tersebut tidak bisa dilakukan, pengguna bisa menghubungi costumer service dari Gmail. Selamat mencoba!

(brl/guf)