Cara mudah agar tersambung internet saat dalam mode pesawat di smartphone, bisa bikin hemat kuota

Cara mudah agar tersambung internet saat dalam mode pesawat di smartphone, bisa bikin hemat kuota

Techno.id - Teknologi jaringan internet memang diperlukan untuk seseorang dapat terhubung dengan dunia luar secara digital. Berkat adanya internet, siapa saja dapat mengakses berbagai informasi, berkomunikasi, hingga melakukan aktivitas multimedia secara cepat, mudah tanpa batasan ruang dan waktu. Oleh sebab itu, internet juga dipasangkan ke berbagai perangkat gadget masa kini.

Sebuah smartphone modern tentu sudah mendukung teknologi internet. Bahkan kecanggihan jaringan 5G dapat dirasakan hanya dengan ponsel pintar. Artinya, pengguna diberikan kemudahan mengakses dunia digital hanya dengan ponsel pintar saja.

Namun tahukah kamu, di smartphone terdapat fitur membuat ponsel tidak dapat mengakses internet. Ya, fitur tersebut adalah mode pesawat atau airplane mode. Mode pesawat biasanya dipakai saat pengguna ingin menggunakan transportasi udara, atau saat kondisi badai. Karena saat masuk mode pesawat sinyal internet tidak bisa masuk ke perangkat, sehingga tak ada gangguan sinyal untuk beberapa kondisi.

Mode pesawat memiliki sistem langsung melakukan cutting atau pemutusan sinyal, baik itu dari data seluler maupun Wifi. Akibatnya perangkat tidak dapat mengakses internet saat itu juga. Kendati demikian, ternyata tak sepenuhnya mode pesawat tidak bisa digunakan untuk mengakses internet, loh!

Ternyata ada sebuah cara untuk membuat perangkat masih bisa mengakses jaringan internet saat menggunakan mode pesawat. Wah, penasaran bukan bagaimana bisa menerapkannya?

Kali ini techno.id pada Jumat (6/1), akan memberikan cara mudah agar tersambung internet saat dalam mode pesawat di smartphone.

Cara tersambung internet dalam mode pesawat:

Cara mudah agar tersambung internet saat dalam mode pesawat di smartphone, bisa bikin hemat kuota

foto: Pexels.com

1. Silakan hidupkan mode pesawat di perangkat yang digunakan.
2. Kemudian buka aplikasi telepon.
3. Ketikan kode *#*#4636#*#*
4. Nantinya pengguna akan masuk ke menu pengujian.
5. Setelah itu ketuk opsi Informasi Telepon.
6. Di dalam menu tersebut pastikan pengguna sudah memakai jenis jaringan GSM/WCDMA/LTE(PRL).
7. Scroll ke bawah dalam menu tersebut, dan aktifkan opsi "Daya perangkat nirkabel ponsel".
8. Viola, kamu berhasil internetan dengan mode pesawat.

Itulah beberapa langkah untuk menerapkan jaringan internet dalam mode pesawat. Cara ini bisa untuk menghemat kuota juga, loh sob. Namun perlu dicatat, jangan terapkan mode ini saat dalam pesawat atau melakukan perjalanan menggunakan transportasi udara! Berbahaya!

(brl/guf)