Cara mudah agar iPhone tetap bisa dilacak ketika hilang atau dicuri

Cara mudah agar iPhone tetap bisa dilacak ketika hilang atau dicuri

Techno.id - Smartphone memang memiliki andil besar dalam aktivitas produktif setiap harinya. Terlebih smartphone juga dapat menyimpan berbagai data penting. Bagi kamu pengguna iPhone terutama, pasti memiliki banyak dokumen seperti foto maupun file pekerjaan di dalam perangkat bukan.

iPhone sangat menunjang berbagai kegiatan digital pengguna. Jika tiba-tiba pengguna mengalami musibah seperti perangkat iPhonenya hilang, tentu akan panik dan kebingungan.

Namun jangan perlu khawatir, bagi kamu pengguna iPhone ada cara yang bisa ditempuh saat perangkat hilang. Apple menyediakan fitur yang dapat melacak lokasi dari iPhone secara cepat. Ya, aplikasi Find My iPhone dapat mempermudah pengguna mencari ponselnya yang telah hilang, baik itu dicuri atau lupa tertinggal di lokasi tertentu.

Wah, tentu cukup membantu bukan aplikasi Find My iPhone dari Apple. Lantas bagaimana cara menggunakannya? Kali ini techno.id padaSenin (21/11), telah merangkum cara mudah agar iPhone tetap bisa dilacak ketika hilang maupun dicuri. Yuk simak caranya.

Cara melacak iPhone yang hilang.

Cara mudah agar iPhone tetap bisa dilacak ketika hilang atau dicuri

foto: pixabay.com

Kamu bisa menggunakan Find My iPhone. Namun perlu dicatat, platform tersebut dapat bekerja jika sudah diaktifkan terlebih dahulu. Kemudian pastikan kamu hafal dengan Apple-ID yang dimiliki ya.

Berikut cara melacak iPhone menggunakan Find My iPhone:

1. Masuk ke situs https://www.icloud.com/find
2. Kemudian masukkan alamat Apple ID dan password
3. Setelah itu fitur Find My iPhone akan menampilkan keterangan keadaan ponsel, apakah mati total atau hanya offline
4. Apabila kondisi ponsel aktif, segera klik "Action"
5. Kemudian Notifikasi GPS akan menunjukkan lokasi keberadaan iPhone, lalu pilih "Play Sound" agar ponsel mengeluarkan bunyi
7. Perangkat iPhone yang hilang di tempat susah sinyal, akan menunjukkan titik terakhir ketika ponselnya masih di aera dengan sinyal yang kuat
8. Apabila iPhone hilang karena dicuri, pengguna bisa memilih mode hilang (lost mode).
9. Apabila ponsel masih berada dalam jaringan, maka ponsel akan segera terkunci dan tidak bisa diatur ulang tanpa kode kunci yang sudah ditetapkan. Selain itu, pengguna juga bisa melihat lokasi ponsel saat ini, serta perubahan lokasi (jika ponsel dibawa ke tempat yang berbeda)
10. Apabila iPhone hilang tidak jauh dari tempat sedang berada, iPhone akan mengeluarkan suara agar terdengar oleh pemiliknya
11. Akan tetapi apabila ponsel berada di luar jaringan ponsel akan segera dimatikan.

Menggunakan aplikasi Find My iPhone masih memiliki kelemahan. Perangkat tidak akan bisa dilacak apabila masuk ke dalam Airplane Mode. Tentu bagi pencuri, sangat mudah mengaktifkan Mode Pesawat jika kamu tak mengatur perangkat seperti berikut ini terlebih dahulu.

Untuk berjaga-jaga, silakan aktifkan mode berikut ini:

Cara mudah agar iPhone tetap bisa dilacak ketika hilang atau dicuri

foto: pixabay.com

1. Silakan masuk ke menu pengaturan.
2. Kemudian ketuk opsi Face ID.
3. Masukkan Passcode yang telah diatur.
4. Setelah masuk, silakan scroll ke bawah.
5. Matikan opsi USB Accessories, dan Control Center.
6. Selanjutnya masuk menu Privacy, dan menyalakan opsi Location Service.
7. Langkah terakhir, masuk ke menu Apple ID, pilih opsi Find My, dan nyalakan semua opsi yang ada. Pastikan semua posisi dalam keadaan nyala ya sobat techno.

Dengan mengaktifkan mode tersebut, iPhone tetap bisa terlacak dengan Find My iPhone walaupun kondisi perangkat telah mati. Wah cukup mudah bukan. Selamat mencoba!


(brl/guf)