Cara mengonversi file foto dari iPhone ke format JPG dengan Google Chrome

Cara mengonversi file foto dari iPhone ke format JPG dengan Google Chrome

Techno.id - Salah satu keunggulan iPhone ada di sektor kamera. Foto hasil jepretan iPhone dianggap hampir menyerupai kamera profesional, karena tajam dan jernih. Nggak heran banyak orang kepincut membeli iPhone karena faktor tersebut.

Apalagi di era saat ini di mana banyak anak muda berlomba-lomba membuat konten dengan hasil foto atau video yang ciamik. Nah selain gambar yang tajam dan jernih, iPhone juga menggunakan format file foto yang cukup inovatif.

Foto yang dihasilkan berformat HEIC. Format ini sebenarnya memiliki kelebihan yaitu ukuran file yang lebih kecil tetapi tetap dapat menghasilkan gambar dengan kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan format JPEG.

Kendati begitu, HEIC juga memiliki kekurangan. Format HEIC yang tidak popular menyebabkan file foto dengan format ini tidak dapat dibuka pada perangkat dengan sistem operasi yang berbeda dengan Apple sebagai produsen iPhone.

Karena itu foto dengan format HEIC harus diubah menjadi JPG terlebih dahulu supaya dapat dibuka pada sistem operasi lain. Hal ini cukup merepotkan dan tidak praktis.

Tapi tenang saja, sebab ada cara untuk mengubah file foto iPhone menjadi JPG. Cukup gunakan Google Chrome. Begini caranya.

1. Siapkan file foto berformat HEIC

2. Buka aplikasi Google Chrome dan ketik heictojpg.com pada address bar lalu tekan Enter.

Cara mengonversi file foto dari iPhone ke format JPG dengan Google Chrome (Foto: Screen Capture)

3. Klik ikon + yang terdapat pada laman heictojpg.com untuk menambahkan foto yang ingin kalian konversi. Kalian juga dapat langsung drag (seret) foto yang ingin kalian konversi ke dalam ikon tersebut.

4. Tunggu proses konversi hingga selesai

Cara mengonversi file foto dari iPhone ke format JPG dengan Google Chrome

5. Jika sudah selesai, file dapat langsung kalian unduh.

6. Format file sudah berubah dari HEIC menjadi JPG

Magang: Nabiel Mumtaz

(brl/red)