Cara menghubungkan ChatGPT ke internet, bisa manfaatkan plugin atau ekstensi peramban

Cara menghubungkan ChatGPT ke internet, bisa manfaatkan plugin atau ekstensi peramban

Techno.id - Salah satu hal paling berguna dari ChatGPT Plus adalah pengguna bisa memanfaatkan berbagai plugin untuk mendapatkan lebih banyak manfaat alat AI generatif OpenAI ini. Salah satu fitur yang dibawa OpenAI ke ChatGPT adalah kemampuan menjelajahi web dengan Bing.

Sayangnya, OpenAI menonaktifkan fitur tersebut pada Juli lalu dan belum mengaktifkan kembali. Mengapa ChatGPT menonaktifkan fitur jelajah dengan Bing?

Hal tersebut dilakukan OpenAI karena banyak pengguna menemukan cara menerobos paywall di berbagai situs web dengan menggunakan fitur tersebut. Untuk menghindari masalah, OpenAI akhirnya menonaktifkan fitur tersebut dan sedang mencari cara untuk menghentikannya. Lantas bagaimana pengguna bisa menikmati ChatGPT di web?

Cara menghubungkan ChatGPT ke internet

Ada beberapa cara berbeda untuk menghubungkan ChatGPT ke internet. Dari ekstensi Chrome hingga plugin ChatGPT.

1. Gunakan ekstensi WebChatGPT

Cara menghubungkan ChatGPT ke internet, bisa manfaatkan plugin atau ekstensi peramban foto: unsplash/emiliano vittoriosi

Salah satu cara untuk menjelajahi internet dan menikmati kemampuan generatif ChatGPT adalah dengan menggunakan ekstensi untuk peramban. Ekstensi ini tersedia dalam beberapa model, tetapi WebChatGPT adalah salah satu yang paling banyak digunakan. Kamu dapat menginstal ekstensi dari Toko Web Chrome.

Setelah terinstal, cukup kunjungi situs web ChatGPT dan masuk ke akun OpenAI kamu. Dari sini, cari sakelar di bagian bawah. Ini akan memungkinkan kamu menjelajahi web secara langsung dari ChatGPT, dan kamu tidak perlu memiliki ChatGPT Plus untuk mewujudkannya.

2. Gunakan plugin pencarian KeyMate.AI

Cara menghubungkan ChatGPT ke internet, bisa manfaatkan plugin atau ekstensi peramban foto: unsplash/jonathan kemper

Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk menggunakan internet dengan ChatGPT adalah dengan memanfaatkan plugin seperti KeyMate.AI Search. Meskipun ada banyak pilihan gratis, ChatGPT Plus dan versi terbaru KeyMate.AI menawarkan opsi pencarian yang lebih halus dan berkinerja lebih baik.

Untuk memasang KeyMate.AI, kamu hanya perlu menuju ke Toko Plugin di bawah opsi GPT-4 ChatGPT. Di sini kamu bisa mencari KeyMate.AI secara khusus dan kemudian memilih untuk menginstalnya. Kamu hanya bisa memasang pengaya ChatGPT seperti KeyMate.AI jika kamu berlangganan ChatGPT Plus, dengan biaya USD20 per bulan atau sekitar Rp 307 ribu.

(brl/red)