Cara mengatasi tombol Caps Lock macet di PC Windows, coba periksa pengaturan perangkat lunak ini

Cara mengatasi tombol Caps Lock macet di PC Windows, coba periksa pengaturan perangkat lunak ini

Techno.id - Mungkin banyak dari kamu yang pernah mengalami tombol Caps Lock di keyboard laptop atau komputer macet. Sehingga kamu tidak dapat mengaktifkan atau menonaktifkan tombol tersebut.

Masalah ini mungkin terjadi jika pengaturan keyboard kamu itu dikonfigurasi untuk mematikan kunci saat tombol Shift ditekan. Penyebab lain yang mungkin terjadi adalah kunci Caps Lock yang salah. Berikut beberapa langkah untuk mengidentifikasi penyebab sekaligus mengatasi masalah ini.

Periksa kunci yang mematikan Caps Lock

Cara mengatasi tombol Caps Lock macet di PC Windows, coba periksa pengaturan perangkat lunak ini foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Pastikan kamu atau atau siapa pun yang berbagi perangkat secara tidak sengaja mengonfigurasi pengaturan papan ketik untuk menonaktifkan Caps Lock saat tombol Shift ditekan. Untuk memeriksanya, klik kanan tombol Mulai dan buka Pengaturan.

Arahkan ke tab Waktu dan Bahasa di sebelah kiri dan buka pengaturan Mengetik di sebelah kanan. Kemudian, buka Pengaturan Keyboard Lanjutan dan klik tautan Opsi Bilah Bahasa.

Di jendela Layanan Teks dan Bahasa Masukan, navigasikan ke tab Pengaturan Tombol Lanjutan. Centang lingkaran di samping opsi Tekan Tombol Caps Lock di bawah Untuk Mematikan Caps Lock jika Tekan Tombol Shift dipilih. Terapkan perubahan, lalu klik OK.

Pastikan tombol Caps Lock tidak rusak

Cara mengatasi tombol Caps Lock macet di PC Windows, coba periksa pengaturan perangkat lunak ini foto: keyboard tester

Jika Caps Lock dikonfigurasi untuk mati saat kamu menekan tombol Caps Lock, tetapi tidak merespons, kunci tersebut mungkin salah. Untuk memeriksanya, buka situs web pengujian keyboard seperti Keyboard Tester dan klik Luncurkan Penguji. Setelah jendela pengujian terbuka, tekan tombol Caps Lock dan amati apakah berhasil didaftarkan.

Jika kunci terdaftar dan jendela pengujian mulai mengetik huruf dalam huruf kecil, kuncinya tidak salah. Namun, jika kunci tidak terdaftar dan gagal mengubah huruf besar atau kecil, ini menunjukkan kunci yang rusak. Ada kemungkinan ada serpihan di dalam keyboard, menyebabkan penekanan tombol tidak terdaftar dengan benar.

Kamu dapat mencoba membersihkan keyboard untuk melihat apakah itu menyelesaikan masalah. Jika itu tidak berhasil, kamu dapat memeriksa keyboard (atau laptop) atau menonaktifkan dan memetakan ulang tombol Caps Lock.

(brl/red)