Cara mengaktifkan Wi-Fi Indihome yang terdisable, bisa lakukan sendiri

Cara mengaktifkan Wi-Fi Indihome yang terdisable, bisa lakukan sendiri

Techno.id - Wi-Fi atau yang merupakan kepanjangan dari Wireless Fidelity merupakan salah satu jenis jaringan internet yang beroperasi tanpa kabel. Penggunaan Wi-Fi sendiri sudah bukan menjadi hal yang dianggap jarang atau bahkan mewah. Sudah banyak bangunan besar, pusat pelayanan kota, hingga rumah pribadi yang menggunakan Wi-Fi sebagai penyuplai jaringan internet.

Jaringan Wi-Fi sendiri memiliki berbagai provider yang namanya cukup populer di Indonesia. Salah satu provider tersebut adalah Indihome. Berkiprah di Tanah Air sejak 2015 silam membuat Indihome menjadi perusahaan yang banyak dilirik di sektor penyedia jaringan internet.

Selama menggunakan Wi-Fi dari Indihome, tentu ada beberapa masalah yang terjadi. Layaknya perangkat elektronik lainnya, Wi-Fi Indihome juga tentu bisa mengalami masalah seperti jaringan terdisable. Kondisi ini menyebabkan setiap pengguna tidak bisa menikmati akses internet yang disediakan.

Namun masalah ini bukan tidak memiliki solusi. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi Wi-Fi Indihome yang terdisable. Berkenaan dengan pembahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Rabu (5/10), cara mengaktifkan Wi-Fi Indihome yang terdisable.

Cara mengaktifkan Wi-Fi Indihome yang terdisable

Untuk mengaktifkan Wi-Fi Indihome yang terdisable, ada setidaknya 4 cara. Kamu bisa memilih cara yang tentu dianggap paling mudah. Setiap cara yang ada memang belum tentu berhasil, namun tidak ada salahnya untuk mencoba jika kamu ingin mengatasi masalah tersebut sendirian. Untuk menjabarkan mengaktifkan Wi-Fi Indihome yang terdisable, kamu bisa simak penjelasan berikut.

1. Cara mengaktifkan Wi-Fi Indihome yang terdisable melalui scan ulang

Cara mengaktifkan Wi-Fi Indihome yang terdisable, bisa lakukan sendiri

foto: pixabay.com

Cara pertama yang bisa kamu coba untuk mengatasi Wi-Fi Indihome yang terdisable adalah melakukan scan ulang pada perangkat yang kamu gunakan. Kamu bisa melakukan scan ulang Wi-Fi Indihome menggunakan komputer maupun laptop. Cara lengkap melakukan scan ulang Wi-Fi Indihome bisa kamu lihat pada penjelasan berikut.

1. Buka laptop yang kamu miliki kemudian masuk ke menu Device Manager.
2. Masuk ke menu Network Adapter lalu klik kanan.
3. Akan muncul opsi Scan For Hardware Changes kemudian klik.
4. Secara otomatis laptop yang kamu gunakan akan memperbaiki jaringan Wi-Fi yang terdisable.
5. Jika proses scan ulang berhasil, Wi-Fi Indihome yang terdisable sudah bisa kamu gunakan kembali.

2. Cara mengaktifkan Wi-Fi Indihome yang terdisable melalui opsi lupakan jaringan

Cara mengaktifkan Wi-Fi Indihome yang terdisable, bisa lakukan sendiri

foto: pixabay.com

Jika cara pertama bisa digunakan pada laptop maupun komputer, kali ini giliran smartphone yang beraksi. Kamu bisa menggunakan opsi lupakan jaringan yang disediakan pada smartphone kamu ketika Wi-Fi Indihome terdisable. Cara ini sejujurnya terbilang cukup mudah untuk dilakukan mengingat kamu tidak memerlukan bantuan aplikasi dan alat lainnya. Untuk mulai menggunakan opsi lupakan jaringan, kamu bisa ikuti langkah berikut.

1. Slide up layar smartphone kamu kemudian klik dan tahan ikon Wi-Fi.
2. Klik dan tahan Wi-Fi Indihome yang kamu hubungkan ke smartphone kemudian pilih opsi lupakan jaringan.
3. Secara otomatis smartphone yang kamu gunakan akan melupakan jaringan tersebut.
4. Jika sudah matikan Wi-Fi pada smartphone yang kamu pakai kemudian hidupkan kembali.
5. Hubungkan ulang smartphone tersebut dengan jaringan Wi-Fi Indihome yang digunakan.
6. Jika berhasil, kamu sudah bisa menikmati akses internet yang disediakan oleh Indihome.

3. Cara mengaktifkan Wi-Fi Indihome yang terdisable melalui restart router Indihome

Cara mengaktifkan Wi-Fi Indihome yang terdisable, bisa lakukan sendiri

foto: freepik.com

Cara ketiga sebenarnya tidak kalah mudah dibanding nomor satu dan dua. Ada kemungkinan Wi-Fi Indihome yang terdisable disebabkan oleh penggunaan berlebihan. Bisa jadi kamu lupa mematikan jaringan Wi-Fi yang membuat router bekerja nonstop. Kamu hanya perlu merestart router Wi-Fi Indihome yang kamu gunakan agar bisa kembali berfungsi dengan normal.

Cara yang diperlukan terbilang cukup mudah. Kamu hanya perlu menekan tombol Reset yang biasanya ada di bagian atas atau samping router. Tahan tombol Reset kurang lebih 10 - 15 detik. Secara otomatis router yang telah di reset akan kembali berfungsi dengan normal.

4. Cara mengaktifkan Wi-Fi Indihome yang terdisable dengan menghubungi teknisi

Cara mengaktifkan Wi-Fi Indihome yang terdisable, bisa lakukan sendiri

foto: pexels.com

Cara ini merupakan solusi terakhir jika Wi-Fi Indihome yang kamu gunakan tetap terdisable. Meski memerlukan tidak sedikit dana, namun cara ini tentu berhasil mengingat masalah yang kamu hadapi ditangani langsung oleh ahlinya. Kamu bisa menghubungi call center Indihome terlebih dahulu untuk melaporkan keluhan. Jika sudah, teknisi Indihome akan datang ke rumah kamu dan menyelesaikan masalah yang ada.


(brl/guf)