Cara mengaktifkan mode gratis di Facebook, bisa di semua perangkat

Cara mengaktifkan mode gratis di Facebook, bisa di semua perangkat

Techno.id - Facebook merupakan salah satu platform media sosial yang sudah sejak lama digunakan banyak orang. Mark Zuckerberg yang kala itu masih berstatus mahasiswa di Harvard University mendirikan Facebook pada 2004 bersama rekan sejawat. Lambat lain Facebook menjadi aplikasi media sosial raksasa yang kini sudah tidak asing di telinga hampir setiap orang.

Dalam menggunakan Facebook, ada beberapa fitur yang tentu mempermudah setiap pengguna. Memposting foto dan video, merepost postingan, menuliskan cuitan, serta mengomentari cuitan seseorang bisa dilakukan dengan mudah pada Facebook. Selain fitur tersebut, ternyata Facebook menyediakan satu fitur yang berfungsi untuk menghemat data setiap pengguna.

Facebook menyediakan mode gratis yang bisa diakses tanpa perlu menggunakan internet. Layaknya fitur gratisan, tentu ada beberapa pengurangan yang dilakukan seperti gambar dan video yang tidak muncul, penurunan kualitas tampilan, dan masih banyak lagi.

Untuk mengaktifkan mode gratis di Facebook tentu memerlukan beberapa langkah. Berkenaan dengan bahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Jumat (30/9) cara mengaktifkan mode gratis di Facebook.

Cara mengaktifkan mode gratis di Facebook

Cara mengaktifkan mode gratis di Facebook, bisa di semua perangkat

foto: pixabay.com

Mode gratis pada Facebook ternyata tidak hanya bisa digunakan untuk versi reguler. Bagi kamu pengguna Facebook Lite, mode gratis juga tersedia untuk kamu coba. Penggunaan mode gratis pada Facebook dan Facebook Lite tentu memerlukan beberapa penyesuaian. Untuk mulai menggunakan mode gratis pada Facebook dan Facebook Lite, kamu bisa simak penjabaran berikut.

Cara mengaktifkan mode gratis di Facebook

1. Buka aplikasi Facebook pada perangkat yang kamu gunakan.
2. Login sesuai email atau nomor telepon yang kamu miliki, kemudian masukkan password dan klik login.
3. Pada pojok kanan atas kamu akan mendapati tulisan Buka Hanya Teks.
4. Klik menu tersebut maka secara otomatis kamu sudah beralih ke mode gratis.

Cara mengaktifkan mode gratis di Facebook Lite

1. Buka aplikasi Facebook Lite pada perangkat yang kamu gunakan.
2. Login sesuai email atau nomor telepon yang digunakan serta ketikkan password kemudian klik login.
3. Pada sisi kanan atas beranda terdapat menu Mode Gratis, klik menu tersebut.
4. Secara otomatis Facebook Lite yang kamu pakai akan memasuki mode gratis.

Cara menonaktifkan mode gratis di Facebook dan Facebook Lite

Cara mengaktifkan mode gratis di Facebook, bisa di semua perangkat

foto: pixabay.com

Baik Facebook maupun Facebook Lite memiliki kesamaan cara untuk kembali ke mode data. Kamu hanya perlu klik menu Lihat Foto yang berada pada sisi kanan atas. Tunggu hingga loading selesai maka secara otomatis Facebook maupun Facebook Lite yang kamu gunakan akan kembali ke mode penggunaan data.

Kelebihan dan kekurangan moge gratis di Facebook dan Facebook Lite

Cara mengaktifkan mode gratis di Facebook, bisa di semua perangkat

foto: pixabay.com

Layaknya fitur yang tidak memerlukan penggunaan paket internet, tentu mode gratis pada Facebook dan Facebook Lite memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Ada baiknya kamu perlu menyimak beberapa kelebihan dan kekurangan berikut sebelum menggunakan mode gratis pada Facebook dan Facebook Lite.

1. Kuota yang kamu miliki tidak akan terpotong ketika menggunakan mode gratis pada Facebook maupun Facebook Lite. Dengan demikian, kamu tidak perlu memusingkan masalah pengurangan pada kuota internet.

2. Penggunaan mode gratis pada Facebook dan Facebook Lite membuat kinerja aplikasi ini menjadi lebih ringan. Dampak dari aplikasi yang ringan tentu berimbas pada peningkatan kecepatan perangkat. Bagi kamu pengguna perangkat dengan spesifikasi kurang kencang, mungkin mode gratis bisa kamu jajal untuk memperlancar penggunaan aplikasi Facebook dan Facebook Lite.

3. Mode gratis bisa digunakan tanpa mengenal dimana kamu berada. Artinya mode gratis pada Facebook dan Facebook Lite bisa kamu gunakan bahkan di daerah yang minim akses internet.

4. Selama menggunakan mode gratis, tentu kamu tidak bisa menilik postingan baik foto maupun video yang ada pada Facebook dan Facebook Lite. Hal ini tergolong lumrah mengingat data yang kamu gunakan tidak akan terpotong ketika beralih ke mode gratis pada Facebook dan Facebook Lite.


(brl/guf)