Cara memperbaiki kesalahan ‘hard drive tidak terdeteksi’ pada PC Windows

Cara memperbaiki kesalahan ‘hard drive tidak terdeteksi’ pada PC Windows

Cara memperbaiki hard drive tidak terbaca

4. Perbarui driver Windows

Cara memperbaiki kesalahan hard drive tidak terdeteksi pada PC Windows foto: freepik

Sebagian besar hard drive tidak memerlukan atau dilengkapi dengan jenis perangkat lunak tertentu. Sistem operasi dapat dengan mudah mengenali dengan sendirinya.

Namun, driver perangkat lunak harus diinstal jika kamu telah mengatur jenis hard drive tertentu-seperti hard drive pengontrol SATA. Oleh karena itu, jika terjadi kesalahan pada driver perangkat lunak drive tersebut, kesalahan pendeteksian drive yang bermasalah seperti yang kamu hadapi dapat muncul. Jadi, menginstal ulang atau memperbarui driver disk pada Windows patut dicoba dalam kasus seperti ini.

Demikian pula, motherboard PC juga membutuhkan driver untuk bekerja. Jadi, periksa juga saat kamu melakukannya dan lihat apakah masih menghadapi kesalahan yang sama.

5. Periksa kesalahan disk pada PC

Cara memperbaiki kesalahan hard drive tidak terdeteksi pada PC Windows foto:pexels/cottonbro studio

Kesalahan disk pada Windows bisa muncul karena berbagai alasan, bisa karena bad sector pada hard drive, kerusakan sistem file, masalah perangkat keras, dan sebagainya. Jadi, jika kamu menghadapi kesalahan disk yang tiba-tiba, pemindaian CHKDSK cepat layak dicoba.

Cara menggunakan CHKDSK dari File Explorer

1. Buka This PC, lalu klik kanan pada drive yang kamu pindai. Kemudian, arahkan ke Properties > Tools > Check.

2. Setelah mengklik Check di bagian Error checking, Windows akan memberi tahu apakah telah menemukan kesalahan pada drive atau tidak. Jika menemukan kesalahan, kamu dapat memindai drive untuk memperbaiki kesalahan tersebut. Jika tidak, Windows akan menyarankan kamu untuk tidak melakukannya.

Cara menggunakan CHKDSK melalui command prompt

Cara memperbaiki kesalahan hard drive tidak terdeteksi pada PC Windows foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

1. Buka jendela Command Prompt dengan menekan Win + S dan mengetik cmd. Kemudian, klik kanan pada hasil yang relevan dan pilih Run as administrator.

2. Pada Command Prompt, ketik chkdsk /r [huruf drive] dan tekan enter. Ganti [huruf drive] dengan huruf drive dari drive yang ingin kamu pindai.

3. Pemindaian memerlukan waktu yang lama untuk menyelesaikannya dan terkadang tampak macet. Namun, yang terbaik adalah membiarkan CHKDSK menyelesaikan tugasnya tanpa gangguan

Setelah semua dilakukan, reboot PC kamu untuk melihat perubahan. Lihat apakah PC kamu masih mengalami kesalahan deteksi hard drive pada Windows.

6. Gunakan alat Manajemen Disk

Cara memperbaiki kesalahan hard drive tidak terdeteksi pada PC Windows foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Manajemen Disk, seperti namanya, adalah alat yang dapat mengelola berbagai kondisi yang terkait dengan partisi disk hard drive. Mulai dari membuat dan menghapus hingga mengutak-atik dan sebagainya.

Kamu juga dapat menggunakannya untuk memperbaiki kesalahan hard drive tidak terdeteksi. Begini caranya.

1. Buka bilah pencarian menu Start, ketik Run, dan pilih yang paling cocok.

2. Pada kotak dialog Run, ketik diskmgmt.msc dan tekan Enter.

3. Alat Manajemen Disk akan diluncurkan. Seperti yang dapat Anda lihat pada menu utama alat di bawah ini, Anda akan mendapatkan ikhtisar singkat tentang semua hard drive yang terhubung ke PC Anda.

4. Jika hard drive kamu terlihat, coba beberapa cara untuk mengembalikan keadaan seperti semula, alokasi partisi yang lengkap atau memformat partisi yang sudah ada.

Mengalokasikan partisi (volume) yang 'tidak terisi'

Sebagian besar hard disk membagi total penyimpanannya menjadi beberapa bagian yang lebih kecil yang disebut Partisi. Jadi, jika kamu menggunakan beberapa disk, kamu harus mengalokasikan beberapa ruang disk ke partisi agar dapat berfungsi secara normal.

Namun, jika tidak ada ruang yang dialokasikan untuk partisi, masalah seperti hard drive tidak terdeteksi akan terjadi. Jadi, alokasikan beberapa ruang untuk drive kamu dan lihat apakah cara tersebut dapat mengatasi masalah. Begini caranya.

1. Klik pada disk dan klik kanan pada wilayah yang tidak terisi (akan ada tanda hitam, bukan tanda biru yang ada pada partisi utama).

2. Pilih New Simple Volume dan klik Next untuk melanjutkan ke wizard.

3. Atur ukuran alokasi atau pilih ukuran default, lalu klik Next.

4. Terus ikuti petunjuk di layar dan pilih Jangan format pengaturan volume ini saat kamu menemukannya. Kemudian, klik Berikutnya.

5. Klik Finish untuk menyelesaikan pengaturan dan kemudian lihat apakah kamu masih mengalami kesalahan pada hard drive.

Memformat partisi yang dialokasikan

Ini adalah opsi terakhir, karena kamu akan kehilangan semua data di dalam drive jika memilih opsi ini.

1. Untuk memulai format, klik kanan pada partisi dan pilih Format.

2. Pada kotak dialog Format yang baru, klik OK untuk memulai format.

3. Ikuti petunjuk selanjutnya di layar dan partisi kamu akan terhapus dalam beberapa menit. Jika kesalahan deteksi hard drive memang disebabkan partisi yang rusak, maka kesalahan tersebut akan hilang pada akhir pemformatan.

Namun, jika tidak ada metode yang berhasil, mungkin lebih baik mencari bantuan profesional. Kunjungi pusat teknologi atau toko servis terdekat dan periksakan hard drive atau PC kamu.

(brl/red)