Cara memindahkan nomor kontak dari ponsel ke akun Google, solusi ampuh kehilangan kontak

Cara memindahkan nomor kontak dari ponsel ke akun Google, solusi ampuh kehilangan kontak

Techno.id - Kamu pernah mengalami kehilangan nomor-nomor kontak di ponsel? Kalau sudah begitu biasanya bikin kesal. Maklum, nomor kontak merupakan salah satu data yang harus dijaga.

Jika sudah kehilangan nomor kontak, maka kamu bakal kesulitan untuk menghubungi kerabat atau teman. Biasanya, banyak orang menyimpan nomor kontak di perangkat ponsel. Cara ini sebenarnya berisiko.

Ketika ponsel hilang, rusak, atau ganti ponsel baru, maka kamu akan kehilangan semua nomor-nomor kontak yang telah tersimpan. Jadi mulai sekarang sebaiknya kamu memindahkan seluruh nomor kontak yang ada di ponsel ke akun Google.

Sebab, ketika ponsel kamu bermasalah atau hilang, kamu masih memiliki back up di akun Google. Kamu tetap bisa mengakses data nomor kontak tersebut kapan pun. Berikut cara memindahkan kontak ponsel ke akun Google.

Cara mem-backup kontak ponsel ke akun Google

1. Pertama masuk ke aplikasi Telepon, lalu pilih menu Kontak

2. Kemudian klik titik tiga pada bagian pojok kanan atas, lalu pilih Impor/Ekspor kontak

3. Selanjutnya pilih Ekspor ke penyimpanan, perhatikan lokasi di mana file kontak kamu akan disimpan di penyimpanan ponselmu. Lalu klik oke

4. Kemudian cek apakah file kontakmu telah tersimpan di penyimpan ponselmu. Masuk ke file manager. Biasanya file dari kontak kamu akan disimpan di folder download dengan format vcf.

5. Setelah itu pergi ke Setelan, kemudian ke pengaturan Google, lalu klik Manage your google account

6. Ketika kamu telah berada di beranda, geser ke menu Orang & Berbagi, lalu klik Kontak

7. Pilih Impor kontak, kamu akan diarahkan ke penyimpanan ponselmu, lalu pilih file kontak sesuai lokasi yang kamu ketahui sebelumnya

8. Tunggu sejenak proses impor dan secara otomatis seluruh kontakmu telah ter-backup di akun Google kamu

Magang : Idris Fahmi

(brl/red)