Cara memeriksa kesehatan baterai Macbook sebelum memutuskan untuk menggantinya

Cara memeriksa kesehatan baterai Macbook sebelum memutuskan untuk menggantinya

Techno.id - Baterai komputer memiliki masa pakai yang terbatas dan menurun seiring waktu. Jadi baterai tersebut sering kali menjadi masalah yang dialami laptop termasuk MacBook.

Namun sebelum kamu memutuskan untuk mengganti baterai, ada baiknya terlebih dahulu diperiksa kesehatannya untuk memastikan apakah harus dilakukan penggantianatau tidak. Dengan macOS Ventura ke atas, kamu dapat memeriksa kesehatan baterai MacBook dari aplikasi Pengaturan Sistem. Begini caranya.

Cara memeriksa baterai Macbook

Cara memeriksa kesehatan baterai Macbook sebelum memutuskan untuk menggantinya foto: freepik/user16766420

1. Buka Pengaturan Sistem di Mac dan pilih Baterai dari panel kiri.

2. Klik tombol i di sebelah Kesehatan Baterai. Opsi ini akan membuka jendela baru di mana kamu dapat melihat detail tentang kondisi keseluruhan baterai, serta berapa banyak kapasitas aslinya yang tersisa (sebagai persentase).

3. Jika status kondisi baterai kamu Normal, itu berarti baterai berfungsi normal dan kamu tidak perlu melakukan apa pun.

4. Namun, jika tertulis Disarankan untuk Diservis, ini menunjukkan bahwa baterai tidak dapat menahan daya selama mungkin sebelumnya.

5. Periksa status Kapasitas Maksimum, untuk melihat seberapa banyak baterai telah habis dibanding saat masih baru. Kamu mungkin perlu mengganti baterai jika kapasitasnya di bawah 80%.

(brl/red)