Cara mengembalikan data yang terhapus di laptop, tak perlu panik

Cara mengembalikan data yang terhapus di laptop, tak perlu panik

Techno.id - Laptop merupakan salah satu alat kerja yang memiliki banyak keunggulan. Mulai dari desain ramping yang mudah dipindahkan, spesifikasi tinggi, hingga hingga mampu menjalankan banyak keperluan merupakan ciri utama dari sebuah laptop. Maka tidak heran jika banyak orang rela menggelontorkan tidak sedikit dana mereka untuk membeli perangkat kerja tersebut.

Selama masa penggunaannya, tentu laptop tidak lepas dari yang namanya data. Data setiap pengguna seperti file pekerjaan, musik, video, hingga konten lain bisa disimpan dengan rapi pada sebuah laptop. Tidak hanya itu, beberapa momen kurang menyenangkan seperti data terhapus juga bukan tidak mungkin terjadi pada laptop.

Bagi sebagian orang tentu akan merasa panik, terlebih jika data yang terhapus merupakan file penting. Namun masalah ini tentu ada solusinya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan data terhapus pada sebuah laptop.

Untuk membahas lebih detail mengenai masalah tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Kamis 922/9), cara mengembalikan data yang terhapus di laptop.

Cara mengembalikan data yang terhapus di laptop

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika data penting pada laptop kamu tidak sengaja terhapus. Cara yang ada tentu tidak semua berhasil, namun tidak ada salahnya mencoba beberapa cara berikut untuk mengembalikan data kamu yang tidak sengaja terhapus. Untuk membahas lebih detail mengenai cara tersebut, kamu bisa simak penjelasan berikut.

1. Mengembalikan data yang terhapus melalui Recycle Bin

Cara mengembalikan data yang terhapus di laptop, tak perlu panik

foto: freepik.com

Recycle Bin merupakan tempat sampah sementara yang ada pada setiap perangkat. Jika kamu tidak sengaja menghapus data pada laptop, segera periksa Recycle Bin. Biasanya data yang kamu hapus akan tersimpan pada Recycle Bin selama kurang lebih satu bulan sebelum dihapus secara permanen. Untuk mengakses Recycle Bin, kamu perlu ikuti langkah berikut.

1. Klik Start dan masuk ke Settings.
2. Klik Personalization lalu pilih Themes.
3. Jika sudah, masuk ke menu Desktop icon settings.
4. Centang checkbox Recycle Bin kemudian OK.
5. Secara otomatis shortcut Recycle Bin sudah bisa kamu akses.

2. Mengembalikan data yang terhapus melalui CMD

Cara mengembalikan data yang terhapus di laptop, tak perlu panik

foto: freepik.com

Cara ini mungkin terkesan sedikit rumit mengingat CMD atau Command merupakan fitur yang jarang diakses. Namun gabi kamu yang ingin mencobanya mengembalikan data yang terhapus pada laptop, tidak ada salahnya mencoba cara satu ini. Untuk mulai menggunakan CMD, kamu bisa ikuti langkah berikut.

1. Masuk kolom pencarian pada laptop kemudian ketikkan CMD.
2. Jika jendela CMD sudah terbuka, ketikkan chkdsk X: /f. Kamu bisa ganti X dengan nama drive tempat file yang dihapus tersimpan.
3. Selanjutnya ketikkan lagi ATTRIB -H -R -S /S /D X:*.* untuk muali mengembalikan data yang terhapus. Sama seperti langkah sebelumnya, pastikan kamu mengganti X dengan nama drive tempat file yang dihapus tersimpan.
4. Secara otomatis CMD akan mulai merestore data kamu yang tidak sengaja terhapus.

3. Mengembalikan data yang terhapus menggunakan aplikasi Recuva

Cara mengembalikan data yang terhapus di laptop, tak perlu panik

foto: freepik.com

Tidak sama seperti dua cara sebelumnya, kali ini kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi Recuva untuk mengembalikan data kamu yang tidak sengaja terhapus. Recuva pada dasarnya merupakan aplikasi berbayar. Namun ada juga versi gratis yang bisa kamu gunakan dengan mudah untuk mengembalikan data yang hilang. Untuk mulai menggunakan Recuva, kamu bisa ikuti langkah berikut.

1. Pastikan aplikasi Recuva sudah terinstal pada laptop yang kamu gunakan.
2. Untuk mulai mengembalikan data yang hilang, kamu hanya perlu membuka aplikasi ini kemudian pilih partisi dari file yang terhapus.
3. Klik scan dan otomatis Recuva akan mulai melakukan scanning agar file kamu yang terhapus bisa kembali.
4. Jika data yang terhapus sudah ditemukan, klik Recover untuk mengembalikan data tersebut.

4. Mengembalikan data yang terhapus menggunakan aplikasi

MiniTool Power Data Recovery

Cara mengembalikan data yang terhapus di laptop, tak perlu panik

foto: freepik.com

Kamu juga bisa menggunakan MiniTool Power Data Recovery untuk mengembalikan file yang hilang dari laptop kamu. Cara yang diperlukan kurang lebih sama seperti penggunaan aplikasi sebelumnya. Untuk mulai menggunakan MiniTool Power Data Recovery, kamu bisa ikuti langkah berikut.
1. Download dan instal MiniTool Power Data Recovery pada laptop yang kamu pakai.
2. Jika sudah, buka aplikasi tersebut dan klik menu Filter lalu All Files.
3. Secara otomatis MiniTool Power Data Recovery akan mulai mencari data yang terhapus pada laptop kamu.
4. Jika proses pengembalian data telah berhasil, kamu bisa klik Save.

5. Mengembalikan data yang terhapus menggunakan aplikasi Disk Drill

Cara mengembalikan data yang terhapus di laptop, tak perlu panik

foto: freepik.com

Secara sistematis, penggunaan Disk Drill sama seperti dua aplikasi sebelumnya. Kamu bisa mengembalikan file terhapus dengan mudah hanya menggunakan aplikasi ini. Untuk mulai menggunakan Disk Drill, kamu bisa simak langkah berikut.
1. Download dan instal Disk Drill pada laptop yang kamu pakai.
2. Buka aplikasi tersebut dan pilih jenis file yang ingin kamu kembalikan.
3. Setelah memilih file yang diinginkan, klik Recovery All.
4. Secara otomatis Disk Drill akan mengembalikan file yang hilang dari laptop kamu.


(brl/guf)