Cara clear cache Google Chrome di smartphone maupun laptop, browsing lancar kerja cepat kelar

Cara clear cache Google Chrome di smartphone maupun laptop, browsing lancar kerja cepat kelar

Techno.id - Google Chrome adalah sebuah web browser atau peramban web yang dikembangkan perusahaan teknologi Google. Browser ini pertama kali dirilis pada 2008 dan sejak itu telah menjadi salah satu browser paling popular di dunia. Google Chrome dirancang untuk memberikan pengalaman browsing yang cepat, aman, dan mudah bagi pengguna di internet.

Browser ini tersedia untuk sistem operasi Windows, macOS, Linux, Android, dan iOS. Google Chrome menawarkan berbagai fitur dan fungsionalitas seperti tab browsing, pencarian langsung dari bilah alamat, dukungan untuk ekstensi, sinkronisasi data antar perangkat, dan banyak lagi.

Selain itu, Google Chrome juga mempunyai sistem keamanan yang kuat untuk melindungi pengguna dari ancaman online seperti malware dan phishing. Google Chrome terus berkembang dan diperbarui secara teratur dengan fitur dan perbaikan keamanan baru untuk meningkatkan pengalaman browsing penggunanya.

Cara clear cache Google Chrome di smartphone maupun laptop, browsing lancar kerja cepat kelar (Foto: unsplash.com)

Meski bisa dibilang hadir dengan banyak keunggulan, namun Google Chrome tetap saja memiliki kekurangan terlebih saat cache aplikasi tersebut sudah menumpuk. Bukan hanya berat saat digunakan, beberapa masalah seperti crash juga mungkin terjadi saat cache Google Chrome penuh. Untungnya, sudah ada beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan untuk menghapus cache Google Chrome yang penuh.

Pada dasarnya, cara clear cache Google Chrome baik di smartphone maupun laptop bisa dilakukan dengan cukup mudah. Kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah sederhana untuk menghapus semua cache di Google Chrome untuk membuat aplikasi tersebut berjalan dengan lebih lancar. Tanpa basa-basi, kamu bisa simak penjelasan berikut untuk mulai menghapus cache di Google Chrome.

1. Buka Google Chrome

2. Klik tiga titik vertikal di pojok kanan atas

3. Pilih "Settings" (Pengaturan)

4. Gulir ke bawah dan klik "Advanced" (Lanjutan)

5. Di bawah bagian "Privacy and security" (Privasi dan keamanan), klik "Clear browsing data" (Hapus data jelajah)

6. Pilih rentang waktu yang ingin kamu hapus cache-nya di kolom "Time range" (Rentang waktu)

7. Pastikan opsi "Cached images and files" (Gambar dan file yang di-cache) tercentang. Klik "Clear data" (Hapus data)

Cara clear cache Google Chrome di smartphone maupun laptop, browsing lancar kerja cepat kelar (Foto: unsplash.com)

Proses membersihkan cache dan data lainnya mungkin memerlukan waktu beberapa menit, tergantung pada jumlah data yang perlu dihapus. Setelah proses selesai, cache dan data lainnya di Google Chrome sudah terhapus dan browser akan menjadi lebih cepat dan ringan.

(brl/red)