Cara atasi layar iPhone macet gara-gara update iOS 16, mudah dan cepat

Cara atasi layar iPhone macet gara-gara update iOS 16, mudah dan cepat

Techno.id - Apple secara resmi merilis sistem operasi untuk iPhone terbarunya yaitu iOS 16pada pertengahan September lalu. Dengan iOS 16 pengguna iPhone akan merasakan sensasi berbeda. Apple memberikan berbagai fitur baru dan upgrade fitur agar lebih baik ketika digunakan.

Sistem operasi iOS 16 sudah bisa digunakan secara umum tanpa ada kendala. Ponsel iPhone yang kebagian update sistem sudah bisa melakukan pembaharuan. Cukup cek pengaturan iPhone pengguna, dan sediakan internet stabil untuk melakukan pembaharuan sistem OS.

Walaupun iOS 16 sudah dianggap final, namun ternyata beberapa pengguna masih mendapati bug yang muncul. Salah satu bug dari iOS 16 adalah layar iPhone menjadi stuck atau macet. Bahkan bug tersebut muncul secara tiba-tiba, menyebabkan layar tidak bisa responsif maupun digunakan.

Apabila kamu mengalami kendala seperti ini, jangan panik dahulu. Pengguna bisa melakukan beberapa cara berikut agar iPhone kembali normal. Yuk simak langkah-langkahnya yang telah dirangkum techno.id pada Sabtu (8/10) dari berbagai sumber.

1. Restart iPhone.

Cara atasi layar iPhone macet gara-gara update iOS 16, mudah dan cepat

foto: apple.com

Melakukan restart pada iPhone bisa dilakukan kala perangkat kedapatan mengalami error. Sistem akan secara otomatis memberikan penyegaran ketika dilakukan restart secara paksa. Berikut cara untuk melakukan restart pada iPhone apabila terjadi macet pada layar:

- Silakan tekan dan lepas tombol volume atas secara cepat.
- Kemudian tekan dan lepas tombol volume bawah secara cepat.
- Setelah itu tekan dan tahan terus tombol power hingga muncul logo Apple, lalu lepaskan tombol.
- Pastikan perangkat telah mati, selanjutnya hidupkan perangkat kembali.

2. Silakan update ke iOS 16.0.2.

Cara atasi layar iPhone macet gara-gara update iOS 16, mudah dan cepat

foto: apple.com

Setelah perangkat iPhone bisa digerakan kembali, silakan untuk melakukan update pada iOS. Pihak developer mengakui bahwa masih terdapat bug yang muncul pada iOS 16. Untuk itu pengguna perlu melakukan pembaharuan kembali iOS ke 16.0.2. Melakukan update ke iOS 16.0.2 bisa melalui Over the Air atau OTA, melalui pengaturan iPhone seperti update sistem biasanya, atau melalui aplikasi iTunes di desktop pengguna.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi bug pada iOS 16. Cukup mudah bukan. Selamat mencoba!


(brl/guf)