Harga turun drastis, ini 7 keunggulan dan kelemahan iPhone 11

image

Techno.id - Apple merupakan brand smartphone terkemuka asal Amerika. Mereka kerap mengeluarkan berbagai produk dengan kualitas premium. Bahkan untuk sebuah smartphone yang dikeluarkan oleh Apple, menjadi pilihan kalangan menengah ke atas.

Berbagai smartphone yang berlabel iPhone mempunyai kualitas perangkat terbaik. Dari mulai desain yang kece, hingga prosesor terkencang dibandingkan merek lain. Ditambah iPhone mempunyai keunggulan dengan kamera yang dapat menghasilkan gambar detail dan warna tajam. Bahkan ponsel iPhone dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti bermain game, bekerja, hingga fashion.

Salah satu seri iPhone yang masih menjadi pilihan penggemarnya adalah iPhone 11. Ponsel tersebut mempunyai segudang teknologi dan fitur yang diberikan. Namun sayangnya, iPhone 11 mengalami penurunan harga secara drastis. Bahkan pihak Apple memberikan potongan harga hingga Rp 2 juta.

Walaupun iPhone 11 telah mengalami penurunan harga, itu termasuk hal yang wajar. Bahkan Apple tidak mengurangi kualitas maupun kuantitas ponsel tersebut. Pada kesempatan ini, Minggu (24/4), techno.id mengulas tujuh keunggulan dan kelemahan dari iPhone 11.

Keunggulan iPhone 11.

1. Layar nyaman dipakai.

iPhone 11   berbagai sumber

foto: apple.com

iPhone 11 mempunyai layar dengan tipe IPS LCD. Walaupun dengan tipe tersebut, layar dapat memberikan kecerahan cukup maksimal. Ukuran layar 6,1 inci dengan resolusi 828 x 1792 piksel, memberikan kualitas cukup oke untuk handphone iPhone. Ditambah ponsel ini diperkaya dengan true tone dan wide color gamut.

2. Perangkat tahan air.

Keunggulan yang tentunya cukup bermanfaat bagi pengguna iPhone ada pada durabilitasnya. iPhone 11 mengantongi sertifikat IP68. Sehingga perangkat tersebut dapat tahan terhadap air dengan kedalaman 2 meter selama 30 menit. Namun dengan catatan, air yang terkena adalah air tawar.

3. Chipset super kencang.

iPhone 11   berbagai sumber

foto: apple.com

iPhone 11 diberikan chipset A13 Bionic bentukan Apple dengan fabrikasi 7nm+. Tentu chipset A13 Bionic sudah terkenal dengan kecepatannya sangat kencang untuk sebuah perangkat smartphone. Ditambah perangkat tersebut diberikan CPU dengan dual core lightning berkekuatan 2.65 GHz. Skor AnTuTu yang dicapai perangkat ini mencapai 400 ribuan.

4. Baterai tahan lama.

Apple memberikan baterai cukup awet untuk iPhone 11. Ponsel tersebut mampu menyala untuk keperluan panggilan suara hingga 17 jam 45 menit. Bahkan untuk kecepatan browsing mencapai 15 jam 29 menit. Tentu sebagai perangkat iPhone, ketahanan baterai dapat dikatakan lumayan awet.

5. Kamera unggul.

iPhone 11   berbagai sumber

foto: apple.com

Tidak dapat dipungkiri bahwa produk yang dikeluarkan oleh Apple berkamera jempolan. Pada iPhone 11 ini, Apple memberikan kamera utama 12 MP, dan kamera ultra-wide 12 MP. Kamera tersebut mampu memberikan hasil foto cukup memukau, berkat kecanggihan berbagai sensor yang dimiliki. Bahkan kamera utama tersebut mampu memberikan kualitas hingga 2160p saat melakukan perekaman video. Adapun untuk kamera selfie, iPhone 11 diperkaya dengan lensa 7 MP.

6. Audio jernih.

iPhone 11 mempunyai sistem speaker stereo. Untuk speaker pertama diletakkan pada bagian bawah, dan speaker kedua berada pada bagian earpiece. Speaker tersebut menghasilkan suara cukup jernih dan balance. Bahkan suara low atau bass yang keluar sangat nendang.

7. Memori penyimpanan luas.

iPhone 11   berbagai sumber

foto: apple.com

Apple tidak tanggung-tanggung memberikan RAM dengan kapasitas 4 GB untuk iPhone 11. Kemudian untuk memori internal iPhone 11 diperkaya dengan 64 GB, opsi 128 GB dan 256 GB bertipe NVMe. Tentu penyimpanan tersebut akan memberikan dampak pada kecepatan perangkat saat digunakan.

Kelemahan iPhone 11.

Setelah mengetahui sederet kelebihan produk Appel satu ini, mari simak sisi kelemahan iPhone 11.

1. Bezel masih tebal.

Sebagaimana diketahui, untuk bezel iPhone 11 masih tergolong tebal. Dapat dikatakan untuk tampilan display layar kurang lega, dibandingkan dengan perangkat Android saat ini. Akan tetapi bezel yang tidak tipis menjadi ciri khas tersendiri untuk perangkat iPhone.

2. Pengisian daya lama.

Hal yang tentu cukup mengganggu adalah kemampuan pengecasan perangkat ini. Apple hanya memberikan pengisian daya sebesar 5 Watt saja, sehingga pengguna harus bersabar saat melakukan pengisian daya baterai, karena baterai baru terisi sebesar 18% selama 30 menit.


(brl/tin)