9 Cara temukan kamera tersembunyi saat di kamar hotel, cepat dan mudah

9 Cara temukan kamera tersembunyi saat di kamar hotel, cepat dan mudah

Techno.id - Liburan menjadi sebuah kegiatan menyenangkan untuk dilakukan bersama teman maupun keluarga. Berlibur membuat seseorang kembali ke mood terbaiknya. Bahkan mengunjungi berbagai tempat wisata bisa melepaskan penat akibat banyaknya aktivitas pekerjaan yang harus dilalui.

Seseorang dapat mengunjungi tempat-tempat wisata menarik di dalam maupun luar negeri. Namun saat berlibur tentu wisatawan membutuhkan tempat untuk beristirahat. Oleh karena itu, banyak pelancong melakukan reservasi pesan hotel maupun tiket perjalanan jauh-jauh hari.

Di daerah sekitar tempat wisata, tentu ada banyak tempat penginapan yang tersedia. Mulai dari hotel kelas menengah ke bawah sampai hotel bintang lima pun ada. Dengan banyaknya pilihan hotel, tentu memudahkan para wisatawan dalam memilih tempat untuk beristirahat.

Namun banyak kejadian, terdapat ancaman gangguan privasi. Saat ini marak terjadi adanya kamera tersembunyi yang diletakkan oleh oknum-oknum tak bertanggungjawab. Oleh sebab itu, sebagai pengguna layanan hotel harus selalu waspada dengan adanya risiko kejahatan tersebut.

Adanya kamera tersembunyi yang dipasang pada sudut-sudut tak terjamah kamar hotel tentu sangat mengganggu para tamu. Oleh karena itu, techno.id pada Selasa (29/6) akan menyajikan 9 cara temukan kamera tersembunyi saat di kamar hotel yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Cek setiap sudut ruangan.

9 Cara temukan kamera tersembunyi saat di kamar hotel, cepat dan mudah

foto: pixabay.com

Setelah memasuki kamar hotel, silakan untuk melakukan pengecekan ruangan terlebih dahulu. Periksa setiap sudut kamar dan benda-benda yang ada. Karena boleh jadi pada benda tersebut terdapat kamera yang telah dipasang. Periksa tempat-tempat untuk melakukan pengintaian, seperti di balik jam dinding, dibalik tv, ventilasi, pajangan, langit-langit, dan sebagainya.

2. Matikan lampu kamar.

Dengan mematikan lampu kamar, kamu bisa melihat apakah ada lampu infra merah yang menyala. Apabila terdapat kedipan lampu di sudut ruangan, silakan untuk periksa apakah terdapat kamera tersembunyi ataukah tidak.

3. Gunakan kamera handphone.

9 Cara temukan kamera tersembunyi saat di kamar hotel, cepat dan mudah

foto: pixabay.com

Menggunakan kamera handphone untuk mengecek keberadaan kamera tersembunyi juga dapat dilakukan. Cara cukup mudah, hanya dengan mematikan lampu ruangan. Kemudian cari pantulan cahaya yang dihasilkan oleh kamera. Periksa tempat-tempat yang patut dicurigai untuk menanam kamera tersembunyi.

4. Menggunakan senter dari handphone.

Lampu flash yang tersedia pada sebuah perangkat handphone juga berfungsi untuk dijadikan alat mencari kamera tersembunyi. Silahkan untuk mematikan lampu kamar hotel. Setelah itu nyalakan lampu flash dan kelilingi kamar. Apabila terdapat pantulan seperti cermin yang diletakan tidak wajar, bisa jadi itu adalah sebuah kamera tersembunyi.

5. Mengecek cermin.

Seringkali para pelaku yang meletakan kamera tersembunyi memanfaatkan cermin dua arah. Cermin tersebut mempunyai dua sisi dengan satu sisi dapat tembus pandang. Untuk mengetahui apakah cermin tersebut dua arah atau bukan, cukup tempelkan jari di cermin tersebut. Apabila terdapat jarak atau bayangan jari tidak menempel, boleh jadi cermin tersebut memiliki sistem dua arah.

6. Gunakan jaringan Wi-Fi.

9 Cara temukan kamera tersembunyi saat di kamar hotel, cepat dan mudah

foto: pixabay.com

Fitur Wi-Fi bisa digunakan untuk mengetahui apakah terdapat frekuensi mencurigakan ataukah tidak. Sering kali para pelaku menggunakan jaringan Wi-Fi untuk dapat memperoleh gambar dari kamera tersembunyi. Silahkan untuk menghidupkan Wi-Fi pada perangkat yang digunakan. Pastikan tidak ada nama Wi-Fi yang mencurigakan saat dihidupkan.

7. Menggunakan detektor frekuensi radio.

Apabila kamu mempunyai alat pendeteksi frekuensi radio, tentu bisa digunakan untuk menemukan sebuah kamera tersembunyi. Alat tersebut dapat difungsikan untuk mencari sebuah aliran jaringan Wi-Fi maupun Bluetooth yang mentransmisikan gambar dari kamera tersembunyi. Indikasi apabila terdapat kamera, alat detektor tersebut akan berbunyi saat diarahkan pada sumber sinyal.

8. Gunakan kamera thermal.

9 Cara temukan kamera tersembunyi saat di kamar hotel, cepat dan mudah

foto: pixabay.com

Beberapa smartphone saat ini sudah dibekali dengan kamera thermal. Kamera tersebut dapat mendeteksi panas dari sebuah objek tertentu. Kamera thermal bisa digunakan untuk mencari keberadaan benda dengan panas tidak wajar seperti kamera. Terlebih kamera tersembunyi dapat memancarkan panas apabila sedang dioperasikan. Namun apabila tidak ada fitur kamera thermal pada sebuah smartphone, maka kamu dapat membeli sebuah kamera thermal asli.

9. Gunakan aplikasi kamera detektor.

Aplikasi kamera detektor sudah ada pada toko aplikasi yang tersedia di perangkat smartphone. Namun aplikasi ini tentu mempunyai batasan penggunaan. Para tamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk melakukan pengecekan awal saja. Silakan unduh dan pasang aplikasi, kemudian operasikan dengan izin untuk akses ke kamera.


(brl/guf)