7 Cara mudah bersihkan memori internal Apple Watch yang penuh, dijamin berhasil

7 Cara mudah bersihkan memori internal Apple Watch yang penuh, dijamin berhasil

7 Cara mudah bersihkan memori internal Apple Watch yang penuh, dijamin berhasil

1. Hapus aplikasi dari iPhone

Salah satu cara untuk membuat lowong memori internal Apple Watch adalah dengan cara menghapus aplikasi yang tidak lagi dibutuhkan. Hal ini cukup efisien untuk dilakukan. Lakukan langkah ini melalui iPhone.

Caranya buka iPhone dan pilih aplikasi Watch. Lalu ketuk My Watch pada menu bagian bawah. Scroll ke bawah untuk temukan Installed on Apple Watch. Pengguna dapat menghapus dengan memilih aplikasi yang diinginkan lalu menonaktifkan Show App on Apple Watch.

2. Hapus aplikasi dari Apple Watch

Menghapus aplikasi juga bisa langsung dilakukan dari Apple Watch. Jika Home Screen memiliki tampilan Grid, maka ketuk dan tahan pada ikon aplikasi yang ingin dihapus lalu ketuk X. Ketika muncul jelndela baru untuk meminta tindakan lanjutan, pilih Delete App. Namun jika Home Screen memiliki tampilan list, cukup geser ke kiri pada aplikasi yang ingin dihapus lalu kektuk ikon trash.

3. Atur dan Hapus foto dari iPhone

Salah satu hal yang bisa membuat memori internal Apple Watch gampang untuk penuh adalah foto. Penggunanya bisa mengelola ini melalui iPhone. Caranya adalah dengan mengsinkronisasi foto yang ada di Apple Watch melalui iPhone. Singkronisasi dilakukan dengan maksud untuk membatasi jumlah foto yang ada. Untuk melakukannya cukup dengan masuk ke aplikasi Watch, pilih My Watch yang ada di bawah layar, scroll ke bawah untuk temukan Photos lalu pilih, ketuk Photos Limit dan pilih jumlah paling sedikit dari opsi yang tersedia yaitu 25 Photos.

4. Hapus Audiobooks dan Podcast

Apabila pengguna mendengarkan Audiobooks dan Podcast, hal itu tentu menjadi salah satu penyebab memori internal Apple Watch penuh. Jika pengguna sudah tidak mendengarkannya lagi, menghapus Audiobook dan Podcast perlu dilakukan. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: buka aplikasi Watch pada iPhone, pilih My Watch. Scroll ke bawah hingga menemukan dan pilih Audiobooks, matikan Audiobooks yang berada di bawah bar Reading now dan Want to Read. Lalu scroll ke bawah untuk mengetahui apakah Audiobooks sudah tersinkronisasi di Apple Watch atau belum. Ketuk Edit yang ada di ujung atas kanan dan ketuk ikon Minus (-) di dekat audiobooks yang ingin dihapus. Setelahnya, kembali lagi ke My Watch, temukan dan pilih Podcast. Pada menu App Episodes From, pilih Custom dan matikan Podcast yang ingin dihapus.

5. Hapus Musik dari iPhone

Salah satu penyebab lain penuhnya memori internal Apple Watch adalah musik yang telah didownload. Namun tak perlu khawatir ketika menghapusnya karena musik hanya akan terhapus dari Apple Watch, tidak pada iPhone. Caranya adalah buka aplikasi Watch dan pilih My Watch, scroll ke bawah hingga temukan dan ketuk Music, matikan Playlist yang diinginkan, dan juga album musik yang ada di bawah bar Automatically Add, untuk berhenti mendownload musik baru ke Apple Watch. Untuk menghapus musik yang telah didownload dari Apple Watch, ketuk Edit di ujung kanan atas layar. Ketuka ikon Minus (-) untuk menghapus musik dan pilih Delete untuk mengonfirmasi tindakan.

6. Hapus Musik dari Apple Watch

Selain menghapusnya dari iPhone, musik juga bisa dihapus dari Apple Watch. Caranya, pengguna cukup langsung ke Music, lalu pilih Library, pilih Downloaded. Pengguna dapat memilih apakah hendak menghapus satu album atau beberapa lagu yang ingin dihapus saja. Jika sudah, lalu ketuk dan geser ke kiri. Tekan 3 Titik dan ketuk Remove. Untuk mengonfrimasi tindakan menghapus satu album penuh atau satu lagu pada Apple Watch, ketuk Remove Download.

7. Restart dan Unpair Apple Watch

Cara ini bisa dilakukan jika cara-cara sebelumnya belum efisien. Pengguna perlu merestart Apple Watch dengan menekan beberapa saat Tombol Samping Apple Watch dan geser untuk mematikannya. Tekan kembali Tombol Samping untuk merestart Apple Watch. Atau pengguna juga bisa coba untuk cara lain yaitu memutuskan pemasangan dari iPhone, lalu pasangkan kembali. Dan yang paling terakhir adalah mereset Apple Watch. Caranya adalah masuk ke bagian Setting pada Apple Watch, pilih General, pilih Reset.

(brl/guf)