7 Cara meningkatkan performa HP Android, auto ngebut

7 Cara meningkatkan performa HP Android, auto ngebut

Techno.id - Masalah performa HP seringkali dikeluhkan oleh pengguna HP Android. Dari mulai adanya kejadian HP mengalami crash, sampai dengan freeze yang menyebabkan layar HP lag dan mati.

Adapun yang menjadi penyebab utama turunnya performa HP sering kali terjadi diakibatkan oleh umur HP yang telah lama. Tentunya sebelum HP tersebut digunakan dan masih baru, performa yang diberikan pun cepat dan mumpuni.

Penyebab lain yang menurunkan performa HP Android adalah kapasitas penyimpanan HP yang sudah penuh. File berupa foto, video, dokumen dan lain sebagainya yang telah memenuhi kapasitas penyimpanan HP. Alangkah lebih baiknya, file yang sekiranya tidak digunakan dihapus ataupun dibuang agar menaikkan kembali performa dari HP.

Banyak sekali alternatif cara untuk mengembalikan dan menaikkan kembali performa HP Android. Contohnya membersihkan penyimpanan HP sampai dengan menggunakan aplikasi pembersih HP untuk membantu menaikkan performanya.

Maka dari itu, telah dikutip dari berbagai sumber oleh techno.id pada hari Rabu (14/9) 7 cara menaikkan performa HP Android.

1. Update OS

7 Cara meningkatkan performa HP Android, auto ngebut

foto: mi.co.id

Meningkatkan performa HP Android bisa dilakukan dengan meningkatkan versi OS Android. Update OS pada HP Android membuat tampilan lebih baru dibandingkan OS sebelumnya.

2. Bersihkan home screen

7 Cara meningkatkan performa HP Android, auto ngebut

foto: samsung.com

Home screen atau layar utama HP juga menjadi penyebab terjadinya masalah penurunan performa HP. Sering digunakan untuk jalan pintas aplikasi menjadi faktor utama penurunan performa HP ketika banyaknya aplikasi yang sedang digunakan maupun aplikasi yang baru akan digunakan.

Lebih disarankan untuk memasang aplikasi yang sekiranya penting atau pasti untuk digunakan dalam jangka waktu dekat. Karena apabila terdapat penggunaan aplikasi yang berkepanjangan di layar belakang itulah yang akan mengakibatkan performa HP anda menurun.

3. Hapus atau matikan aplikasi yang tak terpakai.

7 Cara meningkatkan performa HP Android, auto ngebut

foto: apple.com

Tentunya menyalakan aplikasi yang tak terpakai di latar belakang juga menjadi penyebab lainnya dari menurunnya performa HP. Apabila dilakukan hal tersebut akan memenuhi ruang pemrosesan di HP yang akan punya andil besar pula dalam membebani kinerja HP. Pada ujungnya, performa HP akan menurun.

Namun, jika memang sangat menginginkan aplikasi tersebut masih ada setidaknya matikan dan jangan menggunakan aplikasi tersebut terlebih dahulu untuk meminimalisir masalah menurunnya performa HP. Adapun caranya adalah dengan masuk ke pengaturan (setting) dan cari apps. Lalu tinggal tekan tombol dan pilih disable. Aplikasi akan tetap ada hanya dimatikan untuk sementara.

4. Matikan animasi

7 Cara meningkatkan performa HP Android, auto ngebut

foto: play.google.com

Layar HP memakai animasi wallpaper bergerak pun menjadi masalah menurunnya performa HP. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya anda mematikan animasi tersebut agar kinerja HP kembali lancar. Caranya anda masuk ke menu setting lalu pilih about phone dan cari device information atau system. Kemudian setelah masuk device information atau system, cari kolom yang menampilkan build number, sentuh 7 kali untuk mengaktifkan mode developer. Akan muncul menu developer option lalu carilah window animation scale, transition animation scale dan duration animation scale secara berurutan. Terakhir, ubah menjadi animation off.

5. Perhatikan jumlah memori.

7 Cara meningkatkan performa HP Android, auto ngebut

foto: mi.co.id

Penyimpanan HP tentunya memiliki kapasitas yang berbeda-beda. Di era digital ini, dapat dikatakan penyimpanan HP kebanyakan lebih ke arah 1GB sampai dengan 512GB di varian terbarunya. Kapasitas HP yang besar dan mumpuni sangat dibutuhkan untuk kinerja HP yang ingin terus menerus ngebut tanpa takut terjadinya kejadian menurunnya performa HP.

6. Bersihkan cache data

7 Cara meningkatkan performa HP Android, auto ngebut

foto: samsung.com

Cache merupakan sistem HP yang disediakan sebagai tempat penyimpanan hp sementara. Adapun apabila hal tersebut dibiarkan menumpuk tentunya akan menyebabkan performa HP menurun. Adapun caranys adalah dengan masuk ke pengaturan (setting) > apps > all. lalu cari aplikasi yang akan dibersihkan, pilih clear cache. Atau juga melalui cara masuk ke pengaturan (setting) > storage > cache data lalu pilih ok saat keluar pop up.

7. Matikan auto-sync

7 Cara meningkatkan performa HP Android, auto ngebut

foto: play.google.com

Untuk terhubung dengan semua akun yang terpasang di HP, tentunya anda akan membutuhkan sistem auto-sync ini. Namun, dampak buruknya adalah hal tersebut akan menghambat performa HP itu sendiri. Terdapat rekomendasi yang lebih baik, dimana kamu hanya harus mendownload aplikasi MacroDroid - Device Automation. Membantu kamu untuk terhubung dengan akun saat penting, dan dimatikan otomatis ketika tidak digunakan.


Reporter: Irvan Ahmad Fauzi

(brl/guf)