7 Cara mengatasi laptop hang tidak bergerak, kenali juga penyebabnya

7 Cara mengatasi laptop hang tidak bergerak, kenali juga penyebabnya

Techno.id - Laptop merupakan salah satu perangkat yang banyak digunakan untuk memudahkan hampir semua pekerjaan. Desain ramping, performa kencang, serta harga yang bervariasi membuat banyak orang mulai melirik potensi laptop. Saking pentingnya barang elektronik satu ini, banyak orang yang rela merogoh kocek lebih dalam untuk memiliki laptop dengan spesifikasi yang diinginkan.

Sebagaimana penggunaan sebuah barang elektronik, tentu bukan hal aneh jika terdapat beberapa kendala ketika menggunakan sebuah laptop. Masalah yang sering muncul ketika menggunakan sebuah laptop adalah hang atau freeze. Masalah ini tentu menjadi serius mengingat laptop yang mengalami hang bisa mengakibatkan banyak masalah.

Tidak hanya terjadi pada laptop lawas, masalah hang juga bisa menimpa laptop baru. Namun masalah ini tentu memiliki jalan keluar. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan ketika laptop yang digunakan mengalami hang. Selain itu penting juga untuk mencari tahu penyebab utama dari masalah tersebut.

Berkenaan dengan pembahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Kamis (29/9), 7 cara mengatasi laptop hang tidak bergerak.

Penyebab laptop hang tidak bergerak

7 Cara mengatasi laptop hang tidak bergerak, kenali juga penyebabnya

foto: freepik.com

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan laptop mengalami hang. Tak bisa dipungkiri, masalah ini kerap kali datang juga pada laptop keluaran terbaru yang secara spesifikasi mungkin tidak terlalu tinggi. Selain itu masalah lain yang menyebabkan hang pada laptop juga tentunya ada. Untuk mengenali apa saja penyebab laptop hang, kamu bisa simak penjabaran berikut.

1. Penggunaan aplikasi yang tidak sesuai

Setiap laptop tentu dirancang dengan tujuan dan spesifikasi yang berbeda. Produsen laptop sudah memikirkan matang-matang akan seperti apa performa yang dihasilkan dari laptop bikinan mereka. Penggunaan aplikasi yang melebihi kemampuan laptop tentu akan berdampak buruk. Sebagai contoh laptop bisnis yang digunakan untuk keperluan ringan seperti pengetikkan justru digunakan untuk memainkan game berat. Yang demikian ini tentu akan men gakibatkan laptop mengalami hang.

2. Kapasitas RAM kecil

RAM atau random access memory merupakan salah satu komponen penting pada sebuah laptop. Sederhananya, RAM berfungsi sebagai jembatan antara data masuk dan keluar yang dikirimkan kepada processor. Semakin kecil kapasitas RAM pada laptop, proses kirim terima data tentu akan berjalan lebih lama. Hal ini bisa menjadi penyebab laptop yang kamu gunakan mengalami hang.

3. Masih menggunakan harddisk

Laptop keluaran lawas mungkin masih banyak yang menggunakan harddisk sebagai sistem penyimpanan. Harddisk yang sejatinya berfungsi mengandalkan putaran piringan bulat tentu akan sering mengakibatkan masalah seperti hang. Terlebih jika harddisk health pada laptop kamu sudah sedikit. Yang demikian ini akan semakin membuat laptop sering hang.

Cara mengatasi laptop hang tidak bergerak

7 Cara mengatasi laptop hang tidak bergerak, kenali juga penyebabnya

foto: freepik.com

Setelah mengenali beberapa penyebab laptop mengalami hang, kini saatnya membahas solusi masalah tersebut. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan baik sendiri maupun meminta bantuan service center. Untuk mulai menilik cara mengatasi hang pada laptop, kamu bisa simak ulasan berikut.

1. Hapus BIOS cache

BIOS atau yang merupakan singkatan dari Basic Input Output System merupakan induk dari segala sistem yang dipasangkan pada setiap laptop. BIOS memang jarang dibuka mengingat sistem ini hanya berisi beberapa pengaturan dan data mengenai laptop yang kamu gunakan. Agar laptop yang kamu miliki terhindar dari hang, silahkan coba hapus cache pada BIOS. Untuk mengakses BIOS, kamu hanya perlu menekan f2, f8, f11, atau bahkan f12 sesuai merek laptop yang kamu pakai.

2. End task pada Windows

Pada dasarnya setiap aplikasi yang dioperasikan pada laptop bisa dikendalikan melalui Task Manager. Jika laptop yang kamu pakai tiba-tiba mengalami hang dan tidak bisa di klik apapun, segera tekan "Shift + CTRL + Esc" atau "CTRl + Alt + Del" secara bersamaan. Shortcut tersebut digunakan untuk mengakses Task Manager. Jika sudah masuk, kamu bisa segera tutup beberapa aplikasi yang menyebabkan hang pada laptop.

3. Periksa starting Windows

Selain BIOS, sistem penting lain yang ada pada laptop adalah Windows. Singkatnya Windows merupakan sebuah sistem yang dirancang agar setiap pengguna bisa menjalankan laptop dengan berbagai aplikasi tambahan tanpa ada gangguan. Namun sebagai sebuah software tentu bukan tidak mungkin terjadi kesalahan pada Windows. Kesalahan pada Windows sangat bervariasi. Kamu perlu memeriksa bisa saja Windows pada laptop kamu mengalami data corrupt. Kamu perlu segera membawa laptop yang ada ke service center untuk mendapat penanganan.

4. Uninstal aplikasi tidak diperlukan

Ketika membeli sebuah laptop, tentu akan ada beberapa bundling aplikasi yang sudah terinstal secara otomatis. Kamu bisa menghapus beberapa aplikasi tersebut agar laptop yang kamu miliki bisa digunakan dengan lancar. Terlebih jika laptop yang kamu pakai sudah memiliki umur yang tidak bisa dibilang sedikit. Penggunaan lebih sedikit aplikasi tentu akan membuat kinerja laptop semakin ringan.

5. Periksa sistem pendingin

Terdengar sepele, namun sistem pendingin yang bermasalah bisa menjadi salah satu penyebab hang. Kamu perlu memeriksa barangkali sistem pendingin pada laptop kamu tersumbat debu yang membuat proses pemindahan panas tidak berjalan maksimal. Kamu juga perlu mengganti pasta laptop yang ada pada processor dan GPU agar performa laptop kamu kembali kencang.

6. Tambah kapasitas RAM

Beberapa laptop keluaran terbaru mungkin sudah dibekali RAM dengan kapasitas yang besar. Namun bagi laptop lawas, ada yang masih menggunakan RAM dengan kapasitas kecil. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, RAM merupakan komponen penting yang berfungsi sebagai jembatan data masuk dan keluar. Kamu bisa melakukan penambahan kapasitas RAM dengan menambah satu keping lagi atau mengganti RAM yang lama dengan kapasitas lebih besar.

7. Upgrade sistem penyimpanan

Selain RAM, sistem penyimpanan pada laptop juga penting untuk diperhatikan. Laptop lawas yang masih menggunakan harddisk ada baiknya segera diganti menggunakan SSD. Jika terdapat slot M.2, akan lebih afdol jika menggunakan SSD tipe tersebut. Percaya atau tidak, hanya dengan mengganti harddisk ke SSD, performa laptop kamu bisa meningkat cukup signifikan.


(brl/guf)