5 Alat AI genartif untuk menciptakan musik secara gratis, begini cara menggunakannya

5 Alat AI genartif untuk menciptakan musik secara gratis, begini cara menggunakannya

Techno.id - AI generatif sedang berkembang, terutama di bidang-bidang seperti pembuatan gambar dan penulisan. Sekarang teknologi ini mulai membuat gelombang baru dalam dunia musik. Bahkan alat AI musik menjanjikan pengalaman pengguna untuk mengubah cara membuat lagu. Berikut lima alat yang dapat kamu gunakan untuk membuat musik.

1. Suno OpenAI

5 Alat AI genartif untuk menciptakan musik secara gratis, begini cara menggunakannya foto: suno

Suno diklaim sebagai alat musik terbaik dan paling ramah pengguna. Alat ini memungkinkan kamu menyiapkan lagu berdurasi dua menit lengkap dengan lirik dan gaya yang kamu inginkan, semuanya gratis.

Untuk menggunakannya, pertama kunjungi situs web Suno. Setelah itu tekan tombol Daftar dan masuk menggunakan akun Discord, Google, atau Microsoft. Setelah masuk, cari tombol Buat dan klik.

Ini akan memunculkan bagian Suno creative. Di sini, kamu akan menemukan bagian Deskripsi Lagu di mana kamu dapat memberi tahu Suno bagaimana lagu yang ingin kamu buat terdengar. Jika ingin menambahkan lirik kamu sendiri, cukup alihkan ke Mode khusus. Jelaskan lagu kamu, tekan Buat, dan dalam hitungan detik, lagu akan siap diputar.

Suno cukup ramah bagi pengguna gratis. Kamu dapat mengunduh kreasi kamu atau membagikannya. Tak heran jika Suno sangat direkomendasikan, terutama karena sangat mudah digunakan siapa saja.

2. Aiva

5 Alat AI genartif untuk menciptakan musik secara gratis, begini cara menggunakannya foto: aiva

Aiva adalah asisten generasi musik tingkat lanjut yang memungkinkan kamu membuat musik sendiri. Ini sangat berbeda dengan Suno OpenAI. Alih-alih hanya mengetik lirik, dan gaya musik, dan menekan Buat, Aiva melibatkan proses yang lebih interaktif di mana kamu bisa memilih gaya musik, kunci, dan lainnya untuk membuat lagu baru.

Mulailah dengan mengunjungi creators.avia.ai dan membuat akun. Setelah akun diatur, cari tombol Buat trek dan klik. Kamu kemudian akan melihat opsi seperti Dari Gaya, Dari Progresi Akor, Langkah demi Langkah, dan Dari Pengaruh, di mana kamu dapat mengunggah lagu untuk memandu AI dalam menyusun suara musik.

Jika baru mengenal kreasi musik AI, disarankan untuk memilih opsi Langkah demi Langkah. Aiva melakukan pekerjaan yang luar biasa untuk memandu Anda melalui prosesnya, membantu kamu memutar lagu dengan cepat. Selanjutnya, kamu akan memilih gaya musik. Tekan tombol pratinjau, temukan yang kamu suka, dan klik Pilih. Kemudian, lanjutkan dengan memilih Progresi Akor. Masukkan perkembangan kamu di kotak teks dan tekan Hasilkan.

Kamu dapat bermain-main dengan lapisan komposisi selanjutnya, memilih instrumen yang ingin kamu sertakan. Setelah menyiapkan instrumen, klik Berikutnya untuk menyelesaikan komposisi dan mendengarkannya.

Aiva adalah alat luar biasa bagi mereka yang ingin mendalami pembuatan musik dengan AI. Meskipun beberapa pengetahuan musik dapat membantu, alat ini juga merupakan titik awal yang bagus untuk pemula.

3. MusicGen Meta

5 Alat AI genartif untuk menciptakan musik secara gratis, begini cara menggunakannya foto: musicgen

MusicGen Meta adalah bagian dari AudioCraft, seperangkat alat lebih besar yang dirancang untuk membantu kamu membuat musik menggunakan AI. Mudah digunakan dan dapat diakses banyak orang, selama komputer kamu cukup kuat.

Kamu dapat mencobanya dengan demo di Hugging Face. Mulailah dengan mengetikkan deskripsi jenis musik yang kamu inginkan ke dalam kotak Jelaskan musik Kamu. Misalnya, jika ingin mendengarkan lagu cinta bergenre rock tahun 1990-an, ketik saja, dan MusicGen akan membuatnya untuk kamu.

Ada beberapa batasan yang perlu diingat saat menggunakan MusicGen di Hugging Face. Alat ini hanya memungkinkan kamu membuat musik selama 15 detik dalam satu waktu. Kamu juga tidak memiliki banyak pilihan untuk mengubah cara musik terdengar agar lebih sesuai dengan apa yang mungkin kamu cari.

Meskipun MusicGen Meta sangat bagus untuk mereka yang memiliki jenis komputer yang tepat untuk menanganinya, alat ini mungkin tidak ideal untuk semua orang, terutama jika kamu baru memulai dan ingin bermain-main tanpa terlalu teknis.

4. Dance Diffusion

5 Alat AI genartif untuk menciptakan musik secara gratis, begini cara menggunakannya foto: dance diffusion

Dance Diffusion sedikit lebih kompleks dibanding alat pembuat musik AI lainnya, tetapi masih gratis untuk digunakan. Alat pembuat musik dari Stability AI ini dibuat oleh tim yang sama yang mengembangkan Stable Diffusion, alat yang memungkinkan kamu membuat gambar menggunakan AI di komputer.

Dance Diffusion menggunakan banyak daya komputer, tetapi kamu dapat mencobanya dan menggunakannya secara gratis di Google Colab. Untuk memulainya, pertama buka halaman Dance Diffusion di Google Colab. Di halaman ini, gulir ke bawah dan klik tombol Hubungkan GPU di sudut kanan atas untuk memastikan program berjalan dengan lancar. Kemudian, gulir sedikit lagi dan tekan tombol putar di sebelah Instal dan Mulai Ulang.

Setelah Instal dan Mulai Ulang, pastikan untuk membaca seluruh halaman dengan cermat dan ikuti petunjuk langkah demi langkah untuk mengaktifkan dan menjalankan Dance Diffusion. Setelah siap, kamu dapat mulai membuat musik dengan mengklik Hasilkan suara baru.

Alat ini memungkinkan kamu membuat musik baru dari nol, atau kamu dapat menggunakan rekaman untuk membuat sesuatu yang unik. Ada banyak cara berbeda untuk menjelajahi dan membuat musik dengan alat ini.

Dance Diffusion adalah alat yang ampuh untuk membuat musik, dan kamu dapat membuat beberapa hal keren jika mempelajari cara menggunakannya. Namun, ini bukan yang termudah untuk digunakan saat ini. Mudah-mudahan, akan segera ada antarmuka yang lebih sederhana untuk Dance Diffusion, sehingga memudahkan semua orang untuk menggunakannya, seperti yang dilakukan dengan Stable Diffusion.

5. Magenta Google

5 Alat AI genartif untuk menciptakan musik secara gratis, begini cara menggunakannya foto: magenta

Magenta Google adalah kumpulan alat yang dirancang untuk membantu musisi dalam membuat musik menggunakan teknologi pembelajaran mesin. Alat ini mencakup berbagai fungsi yang dapat menghasilkan melodi, ritme, dan fitur musik canggih lainnya.

Dikembangkan menggunakan TensorFlow, teknologi canggih untuk menerapkan model pembelajaran mesin, Magenta cukup canggih. Meskipun tidak memiliki tombol Buat sederhana seperti Suno atau AIVA, Magenta menawarkan berbagai demo unik. Demo ini tersedia di situs demonya, tempat kamu dapat bereksperimen dengan pembuatan musik AI secara gratis.

Memilih alat musik AI yang tepat bergantung pada kebutuhan, baik kamu seorang pemula yang mencari cara sederhana untuk membuat musik atau musisi atau pengembang berpengalaman yang mencari metode inovatif untuk menyempurnakan kreasi.

Setiap alat dalam daftar ini menawarkan fitur unik, jadi penting untuk mempertimbangkan apa yang paling sesuai dengan tujuan kreatif dan tingkat keahlian teknis kamu.

(brl/red)