4 Cara memperbaiki laptop yang terlalu panas, periksa sistem pendingin internal  

4 Cara memperbaiki laptop yang terlalu panas, periksa sistem pendingin internal  

Cara mengatasi laptop overheat

2. Selalu letakkan laptop di atas permukaan keras dan datar

4 Cara memperbaiki laptop yang terlalu panas, periksa sistem pendingin internal foto: freepik/benzoix

Jika kisi-kisi pemasukan udara laptop berada di bagian bawah, maka permukaan yang tidak rata, seperti selimut, bantal, atau pangkuan, akan menghalangi aliran udaranya.

Selanjutnya, pendinginan akan terganggu yang menyebabkan panas menumpuk sehingga permukaan laptop menjadi panas, suhu internal meningkat, dan pada akhirnya, laptop akan menjadi terlalu panas.

Karena itu selalu letakkan laptop pada permukaan yang keras dan datar seperti meja, saat digunakan. Kamu juga bisa menggunakan dudukan laptop khusus atau penyangga pangkuan.

3. Gunakan pendingin laptop tambahan (cooling pad)

4 Cara memperbaiki laptop yang terlalu panas, periksa sistem pendingin internal foto: freepik/amnarj

Pendingin laptop (cooling pad) dimaksudkan untuk memberikan pendinginan tambahan. Namun, salah memilih pendingin dapat memperburuk masalah. Oleh karena itu, sebelum membeli pendingin, kamu perlu memahami aliran udara yang masuk dan keluar dari laptop.

Sebagian besar laptop menghisap udara pendingin dari bagian bawah. Hal ini masuk akal karena udara hangat naik ke atas. Namun, pendingin yang berada di bawah laptop dan menghisap udara dari bawah tidak berkontribusi pada pendinginan laptop dan malah mempercepat panas berlebih.

Jika laptop kamu memiliki kisi-kisi masuk di bagian bawahnya, gunakan pendingin yang menghembuskan udara sejuk ke atas, yaitu ke dalam komputer. Kamu juga dapat menggunakan pendingin pasif, seperti dudukan laptop ergonomis yang mengangkat laptop untuk meningkatkan aliran udara.

4. Coba alternatif software

4 Cara memperbaiki laptop yang terlalu panas, periksa sistem pendingin internal foto: freepik/biancoblue

Jika masalah panas berlebih bukan disebabkan perangkat keras, kamu bisa mencoba perbaikan perangkat lunak yang mengatasi kinerja dan penggunaan daya laptop. Kamu dapat mengurangi kecerahan layar atau kecepatan clock CPU.

Pada Windows, underclocking atau undervolting dilakukan di BIOS tetapi juga dapat dikontrol melalui alat perangkat lunak. Jika laptop kamu memiliki chip Intel, kamu mungkin dapat menurunkan voltase dengan Intel XTU. Kamu juga dapat menurunkan voltase kartu grafis atau melakukan underclocking pada GPU.

(brl/red)