4 Cara memperbaiki laptop yang terlalu panas, periksa sistem pendingin internal  

4 Cara memperbaiki laptop yang terlalu panas, periksa sistem pendingin internal  

Techno.id - Selain smartphone, komputer khususnya laptop merupakan perangkat yang bisa diandalkan untuk mengerjakan berbagai tugas dan pekerjaan. Namun tingkat efisiensi sebuah laptop harus dibayar mahal jika perangkat tersebut memiliki panas berlebih.

Maklum, ancaman terbesar bagi laptop adalah panas berlebih. Kondisi ini dapat menyebabkan kegagalan perangkat keras dan kerusakan permanen. Namun kamu harus membedakan antara panas normal dengan overheating (panas berlebih). Bukan berarti ketika laptop kamu hangat langsung disebut overheating.

Tanda pasti laptop mengalami overheating adalah ketika kamu dapat mendengar kipas pendingin bekerja dengan kecepatan maksimum sepanjang waktu. Kipas laptop dapat mengeluarkan banyak suara. Akibat pendinginan yang tidak memadai, laptop bisa menjadi sangat panas sehingga menyentuh sasis menjadi tidak aman.

4 Cara memperbaiki laptop yang terlalu panas, periksa sistem pendingin internal foto: freepik/valeria_aksakova

Pada kondisi tersebut, bukan tidak mungkin terjadi penurunan kinerja karena CPU yang dapat mengurangi kecepatan clock untuk mengurangi tekanan panas. Penyebab laptop terlalu panas biasanya disebabkan sistem pendinginan yang tidak memadai. Penyebab potensial bisa karena kisi-kisi kipas terhalang debu atau lubang pembuangan pada kipas tersumbat. Bisa juga karena pasta atau bantalan termal pada prosesor sudah rusak.

Bantalan termal atau pasta termal adalah bahan penghantar panas yang menghubungkan CPU atau GPU dengan pendingin logam yang mengarahkan panas menjauh dari unit pemrosesan, biasanya ke kipas pendingin.

Kamu dapat memperbaiki sendiri laptop yang mengalami panas berlebih, meskipun untuk beberapa pekerjaan, seperti mengoleskan pasta termal baru ke CPU, lebih sulit daripada yang lain. Namun jika kamu membutuhkan perbaikan cepat dan tidak memiliki keahlian untuk membuka tutup CPU atau GPU untuk memperbaiki pasta termal, cobalah solusi mudah di bawah ini.

1. Periksa pendinginan internal

4 Cara memperbaiki laptop yang terlalu panas, periksa sistem pendingin internal foto: freepik/tania12061997

Ketika laptop mengalami panas berlebih, hal pertama dan terpenting yang perlu kamu lakukan adalah membersihkan kipas yang memberikan pendinginan pada CPU dan kartu grafis.

Seiring waktu, pada kipas akan menumpuk kotoran dan debu yang memperlambat dan menghalangi aliran udara. Bacalah buku panduan laptop atau pabrikan untuk mengetahui cara membuka komputer untuk mengakses dan membersihkan bagian-bagian tersebut. Namun, sebelum kamu mencoba melakukan pembersihan, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Saat laptop sedang berjalan, cari port pembuangannya. Port tersebut akan mengeluarkan udara panas.

2. Matikan laptop.

3. Cabut semua kabel.

4. Lepaskan baterai (jika kamu menggunakan laptop dengan baterai yang bisa dilepas).

5. Letakkan ke tanah sebagai ground untuk menghindari pelepasan muatan listrik statis.

Jika sudah siap, lihatlah laptop dari dekat, bagian luar dan dalam, serta bersihkan bagian-bagian berikut ini.

4 Cara memperbaiki laptop yang terlalu panas, periksa sistem pendingin internal foto: freepik/tonodiaz

1. Jika kamu dapat membuka laptop, bersihkan kipas dengan hati-hati dengan kapas yang dibasahi isopropil alkohol. Pastikan alkohol benar-benar menguap sebelum kamu menyambungkan kembali laptop ke sumber listrik.

2. Kamu juga dapat menggunakan penyedot debu untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menyumbat kipas.

3. Untuk mencegah kerusakan pada kipas, jangan biarkan kipas berputar saat menghembuskan udara. Jika kamu ingin menggunakan udara kalengan untuk membersihkan kipas, hentikan putarannya dengan menahannya.

4. Selanjutnya, kamu dapat membersihkan lubang pembuangan dengan penyedot debu. Biasanya terletak di bagian samping laptop, tetapi kamu juga dapat menemukannya di bagian belakang. Tidak seperti kisi-kisi pemasukan, lubang pembuangan mengeluarkan udara hangat atau panas, sehingga mudah ditemukan.

5. Kisi-kisi pemasukan eksternal menutupi kipas yang menyedot udara dingin ke dalam laptop. Kipas ini dapat diletakkan di samping atau di bagian bawah laptop. Untuk membersihkan kisi-kisi masuk, semprotkan dengan udara kalengan.

6. Terakhir, kamu dapat mengoleskan pelumas termal baru pada antarmuka antara CPU dan GPU serta pendinginnya. Sekali lagi, silakan baca buku panduan laptop atau pabrik pembuatnya untuk mendapatkan petunjuk tentang cara membongkar komponen-komponen ini.

(brl/red)