4 Aplikasi yang dapat menggantikan mouse Anda

4 Aplikasi yang dapat menggantikan mouse Anda

Techno.id - Ketika Anda belum memiliki uang untuk membeli mouse tetapi sangat ingin memilikinya. Anda tidak perlu patah arang karena masih ada aplikasi mouse di Google Play yang dapat Anda download secara gratis. Aplikasi mouse ini memiliki kapasitas memori yang kecil tetapi memiliki kegunaan yang sama dengan mouse aslinya.

Berikut empat aplikasi mouse di Google Play:

1. Touchpad
Aplikasi ini difungsikan untuk menjadikan smartphone Android Anda sebuah mouse virtual. Anda dapat mengontrol kursor pada PC dengan mengusap layar smartphone Anda layaknya touchpad di laptop.

Aplikasi ini hanya berukuran 84KB. Touchpad dapat dijalankan dengan menghubungkan smartphone Anda dengan PC melalui jaringan internet atau Wi-Fi. Sebelumnya Anda harus menginstal aplikasi Touchpad Server pada Windows komputer setelah itu hubungkan kedua aplikasi di komputer dengan smartphone dengan menyamakan servernya. Apabila sudah terhubung Anda dapat memberikan password agar Anda leluasa dalam mengontrol komputer tanpa gangguan orang lain.

Dengan aplikasi ini Anda dapat melakukan klik kiri dan kanan, melakukan scroll, bahkan menggunakan fungsi tombol shift, ctrl, dan alt. Tidak hanya itu, Anda dapat menggunakan aplikasi untuk mengontrol media seperti play, stop, dan pause.

2. Remote Trackpad
Aplikasi yang berukuran 118KB ini hampir sama dengan aplikasi touchpad. Sebelumnya Anda diminta untuk menginstal Trackpad Server pada komputer Anda dan menghubungkannya dengan smartphone Anda melalui jaringan internet dan Wi-Fi.

Dengan aplikasi Remote Trackpad, Anda tidak hanya dapat mengontrol kursor saja melainkan mengetik kata dengan fitur keyboard.

3. Mouse and Keyboard for Android
Aplikasi dengan ukuran 1,4MB ini dapat menjadikan layar smartphone Anda mirip touchpad laptop. Aplikasi Mouse and Keyboard for Android terhubung ke komputer dengan jaringan Wi-Fi dan Bluetooth. Sebelumnya Anda tetap harus menginstal aplikasi servernya pada komputer kemudian menghubungkannya dengan smartphone Anda.

Selain untuk mengontrol kursor di komputer, aplikasi ini juga dapat mengontrol presentasi Anda. Fitur lain dari aplikasi ini yaitu Anda dapat memunculkan fitur keyboard lengkap dengan numpad-nya.

4. WiFi Mouse
Aplikasi ini memiliki ukuran yang cukup besar dibanding sebelumnya yakni 2,9MB. WiFi Mouse dapat menghubungkan smartphone dengan komputer melalui Wi-Fi. Aplikasi ini memiliki fitur terlengkap dari ketiga aplikasi di atas.

WiFi Mouse dapat mengontrol kursor, keyboard lengkap dengan tombol alternatif, fitur Speech-to-text semua bahasa, remote media player, mengontrol presentation, dan remote control komputer (restart, sleep, log off, dan shutdown).

Dari keempat aplikasi yang berukuran kurang dari 3MB ini, Anda dapat memanfaatkan smartphone Android menjadi mouse bahkan mengontrol presentasi serta media dan lain sebagainya. Dengan begitu Anda tidak perlu membeli mouse, cukup menggunakan salah satu dari keempat aplikasi tersebut.

(brl/red)