15 Cara mudah atasi lag saat bermain game mobile di smartphone

image

Techno.id - Bermain game dengan sebuah smartphone saat ini menjadi aktivitas cukup menyenangkan dikala waktu senggang. Bahkan berkat game mobile, seseorang bisa berkarier menjadi pemain profesional dan berlaga di pentas kompetisi dunia. Selain itu, seseorang juga dapat menjadi streamer gaming di berbagai kanal pilihan.

Bermain game mobile tentu memerlukan perangkat cukup mumpuni. Mulai dari sektor dapur pacu hingga bentuk desain perlu diperhatikan, agar saat bermain para player tetap nyaman. Akan tetapi tak jarang perangkat mengalami lag atau gangguan yang mengakibatkan game tidak berjalan dengan maksimal.

Lag merupakan masalah pada perangkat yang digunakan seperti layar game yang lambat, efek patah-patah, frame skip, hingga gerakan karakter kurang responsif. Lag juga bisa dikatakan dengan nge-hang atau error. Hal tersebut dapat terjadi karena keterbatasan perangkat yang dipaksakan. Banyak pengguna memaksimalkan perangkat ke performa paling tinggi, hingga perangkat mengalami drop karena tidak mampu lagi.

Ngelag memang sangat mengganggu para pemain saat game berjalan. Bahkan para player sering kesal karenanya. Akan tetapi tenang dulu, techno.id talah merangkum 15 cara mudah atasi lag saat bermain game mobile pada Jumat (20/5) dari berbagai sumber. Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak sampai habis list berikut ini.

Namun sebelum mengetahui tips agar smartphone tidak mengalami lag, terlebih dahulu perlu diketahui penyebab perangkat mengalami lag.

1. RAM terbatas atau kecil.
2. Cache atau sampah aplikasi menumpuk.
3. Menggunakan banyak aplikasi secara bersamaan.
4. Perangkat telah mengalami rooting yang tidak sempurna.
5. Terkena virus malware.

1. Perangkat tidak sedang melakukan pengunduhan file.

tips hp tidak lag  berbagai sumber

foto: pixabay.com

Bermain game saat dalam posisi mengunduh sebuah file cukup membebani perangkat. Pastikan tidak ada hal yang sedang diunduh saat bermain game tersebut. Usahakan unduh elemen-elemen dalam game dilakukan sebelum memulai permainan. Kemudian pastikan fitur auto download telah mati.

2. Tutup aplikasi dengan pemakaian internet besar.

Aplikasi yang menggunakan internet besar juga membuat perangkat terbebani. Oleh karena itu tutup aplikasi seperti YouTube, browser, atau bahkan TikTok agar jaringan internet terfokus pada game yang dibuka. Karena koneksi bermain game dapat terganggu apabila banyak aplikasi yang sedang dibuka.

3. Prioritaskan trafik game online.

tips hp tidak lag  berbagai sumber

foto: pixabay.com

Apabila pengguna menggunakan router yang dapat memprioritaskan jaringan, maka jaringan dapat diprioritaskan untuk bermain game. Hal tersebut bertujuan agar koneksi internet tetap stabil saat bermain game.

4. Gunakan server lokal.

Menggunakan server lokal cukup direkomendasikan untuk bermain game. Karena menggunakan server lokal akan mempengaruhi latensi internet. Pilih server sesuai dengan lokasi saat ini agar koneksi tetap dalam low latensi.

5. Gunakan opsi pengembang.

Silakan pengguna bisa mengaktifkan mode pengembang sebelum bermain game. Paksa perangkat untuk mencapai 4x MSAA. Kemudian reboot perangkat.

6. Uninstall aplikasi tidak penting.

tips hp tidak lag  berbagai sumber

foto: pixabay.com

Uninstall aplikasi yang tidak digunakan dapat memperbesar kapasitas memori yang digunakan. Artinya dengan memori lebih lega maka game dapat berjalan dengan lancar, karena space yang digunakan lebih banyak.

7. Tutup aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Aplikasi yang dibuka pada latar belakang juga cukup membebani perangkat. Bahkan aplikasi background yang berjalan dapat menguras baterai dan kapasitas memori. Dengan menutup bahkan mematikan aplikasi yang berjalan pada latar belakang dapat membantu performa perangkat meningkat kembali.

8. Update sistem operasi.

Apabila terdapat pilihan untuk melakukan pembaharuan sistem operasi dari developer, silakan untuk ikuti. Karena hal tersebut membuat perangkat memiliki sistem baru yang lebih responsif. Tidak hanya itu, update sistem operasi dapat mengatasi bug yang muncul.

9. Gunakan mode game booster.

tips hp tidak lag  berbagai sumber

foto: pixabay.com

Fitur game booster membuat perangkat merespon untuk melakukan dorongan terhadap performa. Pada mode game booster juga dapat digunakan untuk melakukan efisiensi daya, dan mengatur sumber daya untuk bekerja di aplikasi game yang dibuka.

10. Update game yang dimainkan.

Sering developer memberikan update untuk aplikasi gamenya. Oleh karena itu, apabila terdapat pembaharuan aplikasi silakan agar di update. Karena apabila tidak masuk ke versi terbaru game, dapat muncul sebuah bug yang mengganggu.

11. Pastikan baterai penuh.

Bermain game tentu membutuhkan daya baterai yang tinggi. Untuk itu pastikan perangkat dalam keadaan baterai penuh. Apabila bermain saat baterai low, bisa jadi perangkat tidak maksimal dalam membuka game.

12. Matikan mode hemat daya.

Mode hemat daya membuat baterai tidak dapat menyalurkan sumber daya dengan maksimal ke aplikasi game. Untuk itu matikan mode hemat daya agar perangkat dapat dipacu ke performa maksimal.

13. Gunakan memori eksternal.

tips hp tidak lag  berbagai sumber

foto: pixabay.com

Memori eksternal dapat membantu memberikan space berlebih saat bermain game. Dengan begitu aplikasi game dapat memakai ruang penyimpanan lebih maksimal. Tentu hal ini dapat mengurangi lag saat bermain game.

14. Reboot perangkat.

Melakukan reboot dapat mengembalikan posisi perangkat ke posisi semula. Bahkan setelah reboot, perangkat sudah dalam posisi fresh untuk digunakan kembali.

15. Hindari pemakaian TWS.

tips hp tidak lag  berbagai sumber

foto: pixabay.com

Menggunakan TWS tentu memberikan sensasi lebih menyenangkan. Namun ternyata menggunakan berbagai TWS dapat mempengaruhi kinerja perangkat. Untuk itu, apabila perangkat tidak terlalu mendukung TWS, silakan hindari pemakaian teknologi tersebut.

(brl/guf)