Cara menambahkan dan menghilangkan filter Rotoscope di TikTok, praktis

image

Techno.id - Perkembangan teknologi internet membuat berbagai aktivitas manusia terbantukan. Internet kerap kali dipergunakan untuk menjalin komunikasi dengan pengguna lain tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Ditambah dengan adanya internet, memperoleh sebuah informasi yang dikehendaki sangat mudah ditemukan. Akibatnya hampir semua orang menggunakan internet setiap harinya.

Berkat kecanggihan teknologi jaringan internet, muncul berbagai platform untuk memberikan layanan komunikasi, informasi, hiburan, dan yang lainnya. Salah satu platform yang tengah naik daun secara konsisten ialah TikTok. Aplikasi TikTok merupakan platform untuk memberikan layanan berbagi video berdurasi pendek ke sesama pengguna untuk dinikmati bersama. Sebuah platform berbagai video short tengah digemari pengguna media sosial setelah kemunculan TikTok ini.

Selain untuk berbagai video berdurasi pendek, TikTok juga memberikan banyak fitur kepada penggunanya. Dari mulai fitur live, marketplace, hingga kelengkapan saat editing video. Tentu sebelum mengunggah video yang menarik, akan melalui proses pengeditan. Melakukan sunting video menggunakan TikTok cukup mudah dilakukan. Terlebih sistem interface dari TikTok sangat sederhana untuk semua kalangan baik tua maupun muda.

Pada aplikasi TikTok sering sekali bermunculan video yang tengah viral. Boomingnya sebuah video TikTok tentu disebabkan oleh banyak hal. Dari mulai peristiwa maupun fenomena tertentu sampai pada teknik pengeditan unik yang dilakukan oleh konten kreator TikTok. Salah satu video tengah trending saat ini adalah filter Rotoscope.

Filter Rotoscope merupakan salah satu fitur yang diberikan oleh TikTok untuk penggunanya. Filter tersebut kini tengah diperbincangkan berkat keunikan yang diberikan. Filter ini mampu mengubah objek video ke dalam bentuk animasi. Video semakin estetik berkat ragam warna animasi yang dapat berubah ubah. Melalui filter Rotoscope, pengguna dapat membuat dirinya atau objek video tampak seperti karakter dua dimensi yang bergerak.

Bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan tren membuat video TikTok dengan filter Rotoscope, kali ini techno.id akan memberikan cara mudah menggunakan filter Rotoscope tersebut. Yuk ikuti langkah yang berikuti ini.

Cara filter Rotoscope TikTok   berbagai sumber

foto: techno.id

1. Buka aplikasi TikTok pada smartphone yang digunakan
2. Setelah masuk ke dalam aplikasi, ketuk tombol 'Rekam' pada bagian bawah tengah layar
3. Kemudian ketuk ikon 'Efek' pada bagian bawah kiri layar
4. Pilih opsi pencarian filter dengan mengetuk ikon kaca pembesar dan ketik 'Rotoscope'
5. Selanjutnya klik filter tersebut hingga dapat diterapkan pada menu pengeditan
6. Pilih sound yang ingin digunakan pada video
7. Setelah filter Rotoscope diterapkan, dan audio sound dipilih silahkan untuk lakukan rekam video
8. Anggukan kepala untuk mengaktifkan filter tersebut
9. Setelah video dirasa menarik, klik ikon unggah atau simpan video
10. Jangan lupa saat akan mengunggah video tersebut silahkan masukan 'Caption' menarik dan 'Hastag' agar video kamu fyp

Perkembangan trend video TikTok tentu mengalami pasang surut yang cepat. Pasti filter dari Rotoscope lambat laun akan tergantikan dengan filter lainnya. Oleh karena itu pengguna wajib mengganti atau menghapus filter tersebut. Untuk menghilangkan filter Rotoscope kamu hanya perlu mengikuti langkah berikut ini:

1. Buka aplikasi TikTok pada perangkat yang digunakan
2. Klik ikon 'Rekam'
3. Klik opsi 'Efek' pada bagian bawah kiri layar
4. Pilih menu 'Favorit' berwarna merah
5. Kemudian klik ikon Rotoscope untuk dihapus, atau kamu dapat memilih opsi tanpa efek pada menu favorit efek tersebut.
6. Maka secara otomatis efek akan hilang, atau tidak aktif kembali.


(brl/guf)