11 Cara bersihkan RAM pada laptop dengan mudah, lakukan secara berkala

11 Cara bersihkan RAM pada laptop dengan mudah, lakukan secara berkala

Techno.id - Laptop merupakan perangkat yang menunjang untuk aktivitas dengan mobilitas tinggi. Namun pernahkah kamu mengalami masalah seperti lemot saat menggunakan laptop? Jika iya, mungkin salah satu penyebabnya adalah RAM yang sudah mulai penuh. Karena bagaimana performa laptop ditunjang dari seberapa besar kapasitas RAM yang ada.

Random Acces Memory atau bisa disebut dengan RAM merupakan komponen hardware yang memiliki fungsi menjalankan software dan menyimpan data secara sementara. Apabila perangkat memiliki kapasitas RAM besar, maka berbagai aplikasi dapat diakses secara bersamaan. Begitu juga sebaliknya, apabila RAM perangkat memiliki kapasitas ruang sedikit maka kinerjanya akan lebih lamban. Hal tersebut berlaku di semua perangkat gadget termasuk laptop.

Karena pentingnya kapasitas RAM untuk operasi perangkat, maka pengguna diharapkan secara berkala membersihkan RAM agar tetap optimal. Lantas bagaimana cara membersihkan RAM pada laptop? Kali ini techno.id pada Kamis (7/9), akan memberikan 11 cara bersihkan RAM pada laptop dengan mudah. Yuk simak sampai selesai agar laptop kamu makin kencang.

1. Restart laptop.

Melakukan restart pada perangkat laptop menjadi cara paling mudah untuk dilakukan. Dengan me-restart ulang, maka perangkat akan kembali seperti sedia kala. Cache yang menjadi beban perangkat secara otomatis akan terhapus. Namun perlu dicatat, pengguna juga perlu menyimpan data penting terlebih dahulu sebelum restart perangkat.

2. Cek kondisi RAM.

11 Cara bersihkan RAM pada laptop dengan mudah, lakukan secara berkala

foto: techno.id/ Adnan

Silakan cek kondisi RAM untuk mengetahui kondisinya secara pasti, serta tindakan apa yang mesti dilakukan. Untuk cara mengetahui kondisi RAM laptop kamu bisa mengikuti langkah berikut ini:

- Silakan buka menu taskbar, kemudian klik Task Manager.
- Pilih opsi Performance.
- Secara otomatis akan muncul informasi kapasitas dan jumlah memori RAM perangkat.

3. Tutup software yang sedang berjalan.

11 Cara bersihkan RAM pada laptop dengan mudah, lakukan secara berkala

foto: techno.id/ Adnan

Silakan tutup berbagai aplikasi yang sedang berjalan. Biasa pengguna sering lupa menutup aplikasi yang tengah berjalan. Cara menutup aplikasi yang sedang berjalan dapat menggunakan fitur task manager. Pengguna bisa melihat software apa saja yang tengah berjalan dan jumlah konsumsinya. Untuk menutup aplikasi melalui task manager kamu bisa mengikuti langkah berikut ini:

- Silakan buka bilah taskbar, kemudian klik Task Manager.
- Kemudian pilih opsi tab Processes.
- Secara otomatis pengguna akan diberikan informasi mengenai program yang berjalan.
- Setelah itu pilih opsi End Task untuk menutup aplikasi yang tengah terbuka.

4. Uninstal software tidak diperlukan.

Beban RAM yang terlalu berat membuat perangkat lambah. Oleh karena itu, pengguna dapat melakukan uninstal pada software yang tidak terpakai. Tentu dengan menghapus beberapa aplikasi akan memberikan sejumlah ruang memori. Untuk uninstal aplikasi kamu melakukan langkah berikut ini:

- Silakan buka menu Setting.
- Kemudian klik pilihan Apps > Apps & Features
- Setelah itu urutkan berdasarkan tanggalan pemasangan dengan cara klik menu dropdown sort by > install date.
- Silakan pilih aplikasi yang tidak terpakai, lalu klik Uninstal.

5. Tutup software yang berjalan secara otomatis.

Aplikasi yang sedang berjalan memberikan beban pada RAM. Apabila kamu tidak ingin menghapus aplikasi, bisa saja melakukan penutupan pada software yang sedang berjalan. Hal tersebut akan memberikan ruang pada RAM. Untuk melakukannya dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

- Silakan tekan tombol Ctrl + Alt + Delete pada keyboard.
- Kemudian pilih Task Manager.
- Buka tab Startup, maka pengguna akan ditampilkan aplikasi yang berjalan secara otomatis.
- Setelah itu klik kanan pada Status, dan pilih opsi Disable untuk mematikan.

6. Gunakan software versi ringan.

11 Cara bersihkan RAM pada laptop dengan mudah, lakukan secara berkala

foto: pixabay.com

Memang ada banyak aplikasi menarik yang dapat diinstal pada laptop. Namun perlu dipahami, berbagai aplikasi sering menguras kapasitas memori RAM. Oleh karena itu pengguna bisa beralih ke software ke versi lebih ringan. Selain itu, pengguna bisa menggunakan aplikasi lain yang serupa dengan kapasitas penginstalan lebih ringan.

7. Tambahkan memori digital.

Perangkat laptop masa kini telah dibekali dengan sistem penambahan memori RAM secara digital. Sistemnya bekerja dengan meminjam kapasitas memori SSD yang tersedia. Untuk mengaktifkan memori digital kamu bisa melakukan langkah berikut ini. Namun perlu digaris bawahi, sistem ini hanya berlaku pada laptop tertentu saja.

- Silakan buka Control Panel, kemudian pilih Systems and Security.
- Selanjutnya klik menu System > Advanced system settings.
- Pengguna akan diberikan notifikasi pop up baru, buka tab Advanced.
- Kemudian pada sub menu Performance, klik Settings.
- Lalu klik menu Advanced > Virtual memory > Change.
- Silakan hilangkan centang pada Automatically managed paging file size, kemudian centang Custom size.
- Tentukan besaran kapasitas virtual memory klik Set, kemudian klik OK.

8. Kurangi efek visual pada screen.

Sistem laptop Windows memiliki fitur Visual Effect. Fitur tersebut memungkian pengnguna untuk mempertajam tampilan layar. Namun sayangnya fitur ini membebani kinerja RAM cukup berat. Oleh karena itu, pengguna dapat mengurangi efek visual pada screen yang digunakan. Untuk caranya, silakan ikuti langkah berikut ini:

- Silakan buka Control Panel, kemudian cari dan pilih Systems > Advanced System Settings.
- Setelah muncul jendela baru, pada sub menu Performance klik Settings.
- Kemudian buka tab Visual Effect, nonaktifkan fitur yang dirasa tidak terlalu dibutuhkan dengan cara menghilangkan tanda centang.

9. Pindah virus.

11 Cara bersihkan RAM pada laptop dengan mudah, lakukan secara berkala

foto: pixabay.com

Salah satu penyebab RAM terbebani cukup berat adalah adanya virus dan malware yang menyerang. Oleh karena itu, pengguna perlu memindai virus malware secara berkala seperti seminggu sekali. Karena cara pencegahan ini dapat mengurangi risiko RAM terkena virus yang memakan kapasitas ruang. Terlebih pengguna sering menggunakan laptop untuk mengunduh file dari internet tanpa melakukan scanning. Selain itu, virus maupun malware bisa masuk ke perangkat melalui flashdisk atau penyimpanan eksternal lainnya.

10. Gunakan aplikasi pihak ketiga.

Apabila kamu tidak ingin repot, bisa menggunakan aplikasi pembersihan RAM pihak ketiga. Ada banyak aplikasi penyedia jasa untuk membersihkan RAM. Cara kerja dari platform tersebut adalah mematikan sejumlah proses program yang sedang idle atau tidak digunakan. Artinya, resource dari RAM akan lebih terkontrol dengan baik oleh sistem.

11. Bersihkan RAM dengan penghapus.

Cara terakhir yang bisa pengguna lakukan adalah membersihkan RAM secara manual. Performa laptop yang turun bisa jadi karena RAM yang kotor. Pengguna bisa membersihkannya menggunakan karet penghapus seperti para teknisi melakukannya. Namun tentu pengguna perlu membongkar laptop terlebih dahulu. Apabila pengguna masih awam dengan komponen hardware laptop, cara ini tidak disarankan.


(brl/guf)