Restart otomatis Firefox saat konsumsi RAM tinggi

Restart otomatis Firefox saat konsumsi RAM tinggi

Techno.id - Sudah menjadi rahasia umum jika peramban web populer besutan Mozilla, Firefox mengonsumsi RAM yang cukup besar. Alhasil, pengguna harus me-restart software di kala Firefox sudah mulai menunjukkan tanda-tanda melambat alias lagging.

Meski dalam update terbarunya kian berkurang, konsumsi RAM yang besar tidak sepenuhnya dapat dihilangkan dengan sempurna. Praktis, metode restart yang harus dilakukan secara berulang-ulang menjadi cukup menggangu pengguna.

Untungnya di balik kelemahan tersebut, Firefox dapat menambal dengan fitur ekstensi alias add-ons yang dimilikinya. Bahkan, ada add-ons yang dapat me-restart Firefox secara otomatis di kala Firefox memakan RAM dalam jumlah besar.

Add-ons ini bernama "Memory Restart". Sesuai namanya, add-ons ini dilengkapi dengan fungsi utama untuk memonitor penggunaan RAM oleh Firefox. Dalam batas tertentu, add-ons ini nantinya akan me-restart Firefox hingga penggunaan RAM kembali normal.

Restart otomatis Firefox saat konsumsi RAM tinggi

Tampilan antarmuka yang ditawarkan add-ons juga cukup mudah untuk dipahami. Pada dasarnya, pengguna hanya perlu mengatur batas maksimal RAM yang boleh dikonsumsi hingga add-ons ini nantinya akan me-restart Firefox secara otomatis.

Restart otomatis Firefox saat konsumsi RAM tinggi

Dengan add-ons Memory Restart, pengguna akan ditunjukkan dengan sebuah bar khusus bawaan add-ons. Bar ini berfungsi sebagai indikator di mana warna hijau adalah batas konsumsi RAM yang aman, dan merah untuk batas konsumsi RAM yang maksimal.

Download: add-ons Memory Restart

(brl/red)