11 Aplikasi editing video di Linux, ringan dan mudah digunakan

image

Techno.id - Linux merupakan sebuah sistem operasi yang sudah ada sejak tahun 2010. Dengan basis open sources, Linux menjadi salah satu sistem operasi gratis dengan banyak varian yang bisa digunakan oleh setiap orang.

Penggunaan yang ringan dengan sistem keamanan tinggi membuat pengguna Linux bisa menjalankan perangkat yang dimiliki dengan aman dan lancar. Banyak orang yang menggunakan sistem operasi Linux untuk berbagai keperluan utama seperti pengolahan data, pengembangan web, dan lain sebagainya.

Namun perangkat dengan sistem operasi Linux tidak hanya berfungsi untuk menjalankan kegiatan tersebut. Banyak juga yang menggunakan Linux untuk melakukan kegiatan editing video seperti sistem operasi Windows dan MacOS.

Sama hal nya dengan kedua sistem operasi tersebut, Linux juga membutuhkan bantuan aplikasi editing tambahan. Apa saja aplikasinya? berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Senin (9/5), 11 Aplikasi editing video di Linux.

1. Kdenlive

Aplikasi editing video di Linux berbagai sumber

foto: kdenlive.org

Kdenlive adalah aplikasi editing video yang tidak hanya isa digunakan pada Linux, namun juga bisa pada perangkat lain dengan sistem operasi berbeda seperti Windows dan MacOS.

Dengan basis open sources, Kdenlive bisa kamu gunakan secara gratis untuk melakukan editing video yang kamu inginkan. Hanya dengan melakukan instalasi Kdenlive pada perangkat Linux yang kamu miliki, kamu bisa melakukan editing video dengan mudah.

2. Pitivi

Aplikasi editing video di Linux berbagai sumber

foto: pitivi.org

Pitivi juga bisa kamu gunakan sebagai alternatif aplikasi editing lain pada perangkat Linux yang kamu miliki. Sama seperti aplikasi sebelumnya, Pitivi juga bisa kamu gunakan secara gratis pada perangkat yang kamu miliki.

Dengan berbagai fitur dasar yang ada pada aplikasi Pitivi seperti cut, copy, drag, dan lain sebagainya, kamu bisa melakukan editing video dengan cepat dan mudah.

3. LiVES

Aplikasi editing video di Linux berbagai sumber

foto: lives-video.com

LiVES juga bisa kamu gunakan sebagai aplikasi editing pada perangkat Linux yang kamu gunakan. Kamu bisa menggunakan LiVES secara gratis untuk mulai melakukan editing pada berbagai video yang kamu inginkan.

DEngan mengunjungi website resmi LiVES dan melakukan instalasi sesuai instruksi yang ada, kamu sudah bisa menggunakan LiVES untuk memulai proses editing.

4. Flowblade

Aplikasi editing video di Linux berbagai sumber

foto: jliljebl.github.io

Flowblade adalah aplikasi editing video yang bisa kamu gunakan secara gratis pada berbagai perangkat dengan sistem operasi berbasis Linux.

Dengan mendownloadnya secara gratis, kamu sudah bisa menikmati berbagai fitur unggulan yang ada pada Flowblade dengan mudah dan nyaman.

5. Lightworks

Aplikasi editing video di Linux berbagai sumber

foto: lwks.com

Lightworks adalah aplikasi editing video lain yang bisa kamu gunakan pada perangkat Linux yang kamu pakai.

Berbeda dengan aplikasi sebelumnya, Lightworks bisa kamu gunakan dengan membeli lisensi aplikasi editing ini. Dengan berbagai fitur unggulan yang ada pada Lightworks, proses editing yang kamu lakukan bisa berjalan cepat.

6. Shotcut

Aplikasi editing video di Linux berbagai sumber

foto: shotcutapp.com

Shotcut juga bisa kamu gunakan sebagai opsi aplikasi editing video pada berbagai perangkat dengan sistem operasi Linux.

Penggunaan yang mudah dengan tampilan sederhana dari Shotcut memberikan kemudahan untuk melakukan berbagai kegiatan editing video.

7. Avidemux

Aplikasi editing video di Linux berbagai sumber

foto: filmora.wondershare.com

Avidemux juga bisa kamu gunakan untuk melakukan editing berbagai video sesuai keinginanmu. Avidemux adalah aplikasi editing video yang bisa kamu dapatkan secara gratis dengan mengunjungi website resmi Avidemux.

Berbagai fitur unggulan dengan tampilan sederhana bisa kamu gunakan dengan mudah untuk melakukan editing video yang kamu inginkan.

8. Cinelerra

Aplikasi editing video di Linux berbagai sumber

foto: cinelerra.org

Cinelerra adalah aplikasi editing video lain yang bisa kamu gunakan untuk mengedit video pada perangkat Linux yang kamu gunakan.

Kamu bisa menggunakan Cinelerra secara gratis dengan melakukan instalasi aplikasi ini. Kamu hanya perlu mengunjungi website resmi Cinelerra dan mengikuti instruksi yang disediakan, kamu sudah bisa melakukan editing video dengan mudah.

9. Open Shot

Aplikasi editing video di Linux berbagai sumber

foto: openshot.org

Open Shot adalah aplikasi editing video yang bisa kamu gunakan dengan sistem operasi Linux yang berbasis Python.

Kamu bisa menggunakan Open Shot secara gratis dengan mendownloadnya pada website resmi Open Shot. Dengan berbagai fitur unggulan yang ada pada aplikasi Open Shot, kamu bisa menggunakan Open Shot untuk melakukan editing video dengan cepat.

10. Vivia

Aplikasi editing video di Linux berbagai sumber

foto: filmora.wondershare.com

Vivia adalah aplikasi editing video pada sistem operasi Linux yang bisa kamu gunakan secara gratis. Dengan melakukan instalasi Vivia pada perangkat yang kamu gunakan, kamu bisa mengedit berbagai video yang kamu inginkan.

Fitur unggulan dari Vivia memudahkan proses editing yang kamu lakukan agar mendapat hasil maksimal.

11. Blender

Aplikasi editing video di Linux berbagai sumber

foto: blender.org

Blender adalah aplikasi desain 3D yang bisa kamu gunakan untuk membuat berbagai animasi pada video dan game dengan cepat.

Berbasis sebagai aplikasi open sources, Blender bisa kamu gunakan secara gratis untuk menunjang berbagai keperluan yang kamu miliki.


(brl/guf)