Ubah bahasa isyarat jadi bahasa lisan dengan SignLanguageGlove

Ubah bahasa isyarat jadi bahasa lisan dengan SignLanguageGlove

Techno.id - Hadeel Ayoub, desainer asal Saudi Arabia baru-baru ini nampak memamerkan produk terbaru rancangannya yang berjuluk SignLanguageGlove. SignLanguageGlove merupakan sebuah sarung tangan yang diklaim mampu menerjemahkan bahasa isyarat menjadi bahasa lisan secara otomatis.

Sebagaimana dilaporkan oleh SlashGear (29/9/15), sarung tangan pintar ini nantinya akan membantu para penyandang disabilitas, terutama mereka yang tuna rungu dan tuna wicara berkomunikasi lebih mudah dengan orang-orang disekitar. Ya, menurut Ayoub tak semua orang bisa paham dengan bahasa isyarat. Untuk itu dengan adanya SignLanguageGlove, ia berharap permasalahan komunikasi yang kerap dialami oleh penyandang tuna wicara dan tuna rungu dengan masyarakat pada umumnya bisa teratasi.

Perangkat yang saat ini masih berupa prototype tersebut kabarnya dibekali dengan lima sensor dan accelerometer di bagian jari sarung tangan untuk mendeteksi gerakan jari. Selain itu, SignLanguageGlove juga dilengkapi dengan software khusus untuk menerjemahkan gerakan menjadi kalimat, serta chip text-to-speech untuk mengubah bahasa isyarat menjadi bahasa lisan.

Sayangnya, fitur terjemahan pada SignLanguageGlove masih mendukung beberapa bahasa saja. Namun, ke depannya Ayoub berharap bisa menambahkan lebih banyak bahasa dan juga menambah fitur pengiriman pesan teks atau email ke SignLanguageGlove.

(brl/red)