Tips back up dan restore iPhone tanpa komputer

Tips back up dan restore iPhone tanpa komputer

Techno.id - Secara logika, tak seorang pun dapat menebak maupun menjamin bahwa keamanan data di perangkat gadget akan tetap aman seterusnya. Atas dasar tersebut, fitur back up dan restore pun akhirnya diciptakan sebagai solusinya.

Sebagai contoh di perangkat iPhone, Apple menyertakan layanan iTunes sebagai media back up maupun restore. Sayangnya, iTunes membutuhkan perangkat komputer atau laptop untuk dapat mengaksesnya.

Untungnya, Apple juga menyediakan layanan iCloud (media penyimpanan online) agar penggunanya dapat melakukan proses back up dan restore di mana dan kapan saja. Praktis, iTunes di perangkat komputer pun akhirnya tak diperlukan.

Penasaran dengan caranya? Berikut tips sederhana melakukan proses back up dan restore di iPhone tanpa komputer sebagaimana dikutip dari WonderHowTo (16/08).

Membuat back up data iPhone

Sebelum melakukan back up dan restore, pastikan Anda memiliki daya baterai yang cukup serta jaringan Wi-Fi yang stabil. Hal ini bertujuan untuk memastikan agar proses back up dan restore tidak terputus di tengah jalan.

Jika kedua syarat utama itu sudah terpenuhi, Anda dapat mulai membuat back up dengan mengakses akun iCloud dari menu Settings. Selanjutnya, akses menu "Backup", kemudian "Back Up Now".

Tips back up dan restore iPhone tanpa komputer

Begitu Anda menekan menu Back Up Now, iPhone secara otomatis akan membuat back up data saat itu juga. Lama tidaknya proses akan disesuaikan dengan banyak tidaknya data yang tersimpan di perangkat Anda.

Tips back up dan restore iPhone tanpa komputer

Setelah proses back up selesai, Anda akan mendapati daftar di halaman yang sama lengkap dengan informasi tanggal pembuatan. Waktu pembuatan itu nantinya dapat menjadi pertimbangan untuk proses restore di kemudian hari.

(brl/red)