Swatch Bellamy: Jam tangan sederhana yang bisa jadi alat pembayaran

Swatch Bellamy: Jam tangan sederhana yang bisa jadi alat pembayaran

Techno.id - Tren pembayaran melalui wearable gadget sepertinya tak cuma dianut oleh perusahaan teknologi, tetapi juga produsen jam tangan berpengalaman seperti Swatch Group. Buktinya, Swatch telah memperkenalkan produk terbarunya, yakni Bellamy.

Dari luar, Swatch Bellamy nampak seperti jam tangan analog pada umumnya, lengkap dengan strap juga crown-nya. Namun jam tangan yang harganya ada di kisaran Rp1,5 juta ini dibekali dengan chip Near Field Communication (NFC). Makanya, Bellamy dapat digunakan untuk melakukan pembayaran berbasis NFC.

Swatch Bellamy: Jam tangan sederhana yang bisa jadi alat pembayaran

Swatch Bellamy bisa langsung bekerja tanpa perlu terkoneksi dengan internet ataupun gadget lain. Asalkan ritel yang dituju user memiliki mesin pembayaran milik China UnionPay Co., pembayaran dapat dituntaskan.

Sayangnya, seperti dikutip dari Bloomberg.com (14/10/15), sementara ini Swatch baru berencana untuk menjual Bellamy di Tiongkok mulai awal tahun depan. Beberapa waktu setelahnya, baru jam ini plus layanan serupa yang diusungnya akan merambah Swiss dan Amerika Serikat.

Sebelumnya, Swatch pernah bekerja sama dengan Apple untuk membuat smartwatch bernama iSwatch. iSwatch ini dilengkapi dengan layar sentuh seperti jam pintar lainnya. Jam pintar yang juga dirilis dengan nama iSwatch ini didedikasikan untuk para pemain voli pantai.

(brl/red)