CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 27 Maret 2016 21:00

Sudah saatnya smartphone tahun 2016 punya 3 fitur spesial ini

Roberta Cozza, Research Director Gartner, berharap tahun ini banyak ponsel yang mendukung IoT, biometric scanner, serta VR dan AR.

Sudah saatnya smartphone tahun 2016 punya 3 fitur spesial ini

Techno.id - Tiga bulan pasca tahun 2016 dimulai, konsumen sudah dijamu dengan beberapa produk menarik. Lihat saja uniknya LG G5 yang mengusung desain modular, atau Samsung Galaxy S7 yang kian sempurna dibanding Galaxy S6, atau iPhone SE yang hadir dengan ukuran nostalgia: 4 inci.

Namun Roberta Cozza, Research Director Gartner, sebenarnya berharap lebih. Tahun ini, ia ingin melihat banyak ponsel yang sudah mendukung Internet of Things, biometric scanner, serta VR dan AR.

"Di 2016, kami harap para vendor bisa menawarkan yang lebih dan baru, contohnya beberapa sensor dan peningkatan konektivitas untuk mendukung peran smartphone sebagai penghubung utama konsep IoT, seperti smart home dan smart workspaces," terangnya.

Yang juga tak boleh ketinggalan dipopulerkan tahun ini oleh pabrik ponsel pintar menurutnya adalah teknologi biometrik. Pengamanan perangkat dirasa sudah harus semakin personal, karena password atau PIN dinilai bukan pengaman masa depan. Konsumen perlu mendapatkan yang lebih dari sekadar fingerprint scanner, teknologi pengamanan dengan pengenal suara, muka, atau iris mata seharusnya sudah bisa disediakan tahun ini.

Ia pun turut mencontohkan apa yang telah dilakukan Samsung dengan menyediakan Gear VR. Pengalaman virtual yang lebih seru, seperti virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) selayaknya menjadi fokus utama para produsen smartphone, sehingga bisa memacu adopsi teknologi lain yang berkaitan, misalnya video 360 derajat.

Apakah Anda setuju dengan pendapat Roberta Cozza seperti dikutip dari rilis pers Gartner (18/02/16) ini?

WHAT TO READ NEXT ?