CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 3 November 2015 14:00

Starship, "mainan" baru pendiri Skype

Starship merupakan sebuah robot yang diklaim dapat mengantarkan barang belanjaan ke tempat tujuan dengan selamat tanpa kekurangan satu apa pun.

Starship,

Techno.id - Ahti Heinla dan Janus Friss, pendiri layanan video calling Skype resmi memperkenalkan "mainan" barunya yang disebut Starship. Berbeda dengan Skype produk buatan Heinla dan Friss sebelumnya, Starship merupakan sebuah robot yang diklaim dapat mengantarkan barang belanjaan ke tempat tujuan dengan selamat tanpa kekurangan satu apa pun.

Seperti dilansir oleh TheRegister (2/11/15), Starship dapat mengantar sekitar dua kantong belanja dalam waktu hanya 30 menit saja. Robot yang memiliki 6 roda tersebut disebut-sebut dapat dikendalikan dari jarak 5km dengan kecepatan hingga 6km/jam.

Untuk mengendalikannya, pengguna kabarnya dapat menggunakan perangkat khusus (termasuk dalam paket penjualan nantinya) yang langsung terhubung dengan Starship. Menariknya, melalui perangkat tersebut pengguna juga bisa berkomunikasi dengan orang di sekitar Starship menggunakan microphone tertanam misalnya saja untuk menyebutkan apa saja bahan yang ingin dibeli dari sebuah toko.

Tak hanya itu, robot Starship ini juga dirancang dengan sensor adaptasi yang memungkinkan robot dapat menavigasi jalurnya sendiri sehingga saat berjalan di trotoar yang padat pejalan kaki misalnya, Starship tak akan menabrak pejalan kaki yang ada di sebelahnya. Selain itu, robot juga dilengkapi dengan sensor yang dapat mendeteksi rintangan, sehingga saat melewati jalur berlubang maka secara otomatis sistem akan membuat Starship menghindari lubang tersebut dan mencari jalur yang aman untuk dilalui.

Saat ini, prototipe dari Starship sedang dalam tahap uji coba. Rencananya di tahun 2016 mendatang, robot ini akan dirilis secara luas melalui mitra layanan di wilayah Amerika, Inggris dan negara-negara lainnya.

WHAT TO READ NEXT ?