Sony akhirnya resmi pensiunkan kaset video Betamax

Sony akhirnya resmi pensiunkan kaset video Betamax

Techno.id - Hari ini, perusahaan elektronik Sony mengumumkan bahwa pihaknya secara resmi akan memensiunkan Betamax, yakni sebuah media penyimpanan fisik berformat kaset video yang hingga saat ini masih bertahan di era teknologi modern.

Sony akhirnya resmi pensiunkan kaset video Betamax

Sejak diperkenalkan sekitar 40 tahun yang lalu, Sony terus bersaing agar Betamax menjadi standar industri. Kala itu, pesaing terkuatnya adalah Video Home System (VHS). Hanya saja, VHS pada akhirnya cenderung muncul sebagai pemenang.

Bicara soal media penyimpanan fisik, maka yang cukup populer dewasa ini adalah CD, DVD, dan Blu-ray. Yang jadi pertanyaan, mengapa media penyimpanan berdimensi sebesar 156 x 96 x 25 mm ini masih diproduksi perusahaan raksasa sekelas Sony?

Sebagaimana dikutip dari Ubergizmo (10/11), pasar media penyimpanan seperti Betamax ternyata masih diminati di negara Jepang. Padahal, Negeri Sakura itu justru dikenal dengan berbagai karya inovasi teknologinya.

Kendati begitu, para pecinta koleksi barang antik tidak perlu khawatir akan kehilangan Betamax dalam waktu dekat. Pasalnya, Sony mengumumkan bahwa Betamax akan mulai dipensiunkan pada bulan Maret tahun 2016 mendatang.

(brl/red)