Sigma 20mm vs ZEISS Otus 28mm, mana yang lebih unggul?

Sigma 20mm vs ZEISS Otus 28mm, mana yang lebih unggul?

Techno.id - Bagi pengguna kamera DSLR, kualitas lensa tentu jadi bahan pertimbangan sebelum mereka menancapkannya pada kamera kesayangan. Banyak sekali produsen lensa pihak ke-3 yang merilis variannya untuk beberapa merk kamera ternama. Sebut saja Sigma dan ZEISS yangh belakangan juga berlomba meluncurkan produk terbaru.

Seperti yang diberitakan oleh Canon Rumors pada hari Rabu (14/10/15) lalu, kedua produsen lensa ini kembali meluncurkan varian terbarunya dengan spesifikasi yang hampir sama. Sigma merilis 20mm f/1.4, sedangkan ZEISS menelurkan lensa 28mm f/1.4.

Keduanya sama-sama lensa fix dan mempunyai bukaan diafragma ekstra lebar. Lalu, apa keunggulan dari kedua lensa tersebut?

Sigma 20mm vs ZEISS Otus 28mm, mana yang lebih unggul?

Sigma menawarkan fitur chromatic aberrations. Selain untuk mengurangi abrasi, lensa ini juga diklaim takkan menimbulkan distorsi pada foto yang dihasilkan.

Sedangkan besutan ZEISS yang bernama Otus ini menawarkan fitur baru yaitu inner focusing, yang diadaptasi dari lensa untuk videografi profesional seperti pada kamera cinematik sekelas ARRI.

Jika dilihat dari sisi materialnya, Otus menggunakan 16 elemn dalm 13 grup, sedangkan Sigma hanya memiliki 15 elemen dalam 11 grup. Keduanya pun kompatibel untuk kamera DSLR Canon dan Nikon.

Lalu, mana yang lebih unggul? Tergantung kebutuhan para penggunanya, karena ZEISS diklaim mampu menghasilkan bokeh harmonis yang menghasilkan efek 3D, sedangkan Sigma memang lebih difokuskan untuk fotografi dengan meniadakan abrasi, distorsi serta flare berlebih yang mengganggu.

Nah, kalau Anda sendiri, lebih tertarik yang mana?

(brl/red)