CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 14 Januari 2016 21:00

Setelah 19 tahun beroperasi, server ini akhirnya dipensiunkan

Tak hanya awet, komputer server ini bahkan tak memperbarui spesifikasi sejak tahun 1997!

Setelah 19 tahun beroperasi, server ini akhirnya dipensiunkan

Techno.id - Pos, sebuah komputer server yang dirancang oleh seorang pria bernama Ross akhirnya dipensiunkan. Yang membuatnya istimewa, server ini ternyata telah bekerja selama 24 jam non-stop sejak tahun 1997 silam.

Ya, Anda tak salah hitung. server ini sudah beroperasi selama 19 tahun lamanya. Tepatnya, yakni 18 tahun 10 bulan. Dan yang tak kalah istimewa, spesifikasi server ini ternyata juga tak diperbarui.

Menurut laman The Register (14/01), Pos masih menjalankan spesifikasi yang benar-benar jadul. Lebih spesifiknya, Pos menggunakan prosesor Pentium 200MHz yang didukung oleh RAM 32MB dan (Seagate) SCSI-2 drive seluas 4GB.

"Sampai saat ini ia masih dapat melakukan pekerjaan dengan halus. Namun belakangan ini, hard drive Pos sudah mulai banyak melakukan kesalahan. Sekarang memang waktu yang tepat untuk memensiunkannya," ujar Ross.

Pertanyaannya, mengapa server ini dapat bertahan begitu lama? Menurut sang pemilik, Pos hanya digunakan sebagaimana mestinya. Dengan kata lain, ia memang hanya digunakan untuk satu tujuan spesifik, yaitu sebagai server.

WHAT TO READ NEXT ?