CONNECT WITH US
Erick |
 5 April 2016 05:00

Seperti inilah komputer yang pertama kali diproduksi massal

Pernahkah Anda membayangkan, sebesar apa PC yang pertama dibuat, dan sebesar apa komputer di 10 tahun mendatang?

Seperti inilah komputer yang pertama kali diproduksi massal

Techno.id - PC yang sedang Anda gunakan sekarang mungkin ukurannya cukup besar dan terkadang menyulitkan jika ingin memindahkan tempatnya ke tempat lain. Namun yang harus Anda syukuri adalah, ukuran PC tersebut tak sebesar komputer yang pertama kali diperjualbelikan secara bebas.

Meski bukan yang pertama kali dibuat, namun HEC adalah komputer generasi pertama. Seperti yang telah diberitakan oleh Gizmag pada hari Minggu (03/04/16) lalu, komputer generasi pertama ini sedang dipamerkan di Inggris.

HEC adalah komputer yang pertama kali diproduksi massal di Inggris, hampir 63 tahun yang lalu. Kini, foto-fotonya pun sedang dipamerkan di The National Museum of Computing (TNMOC) yang terletak di Bletchcley park, Milton Keynes, sekitar 80 km sebelah Utara London.

HEC, komputer pertama yang diproduksi massal
© 2016 gizmag.com/TNMOC/gizmag.com/TNMOC

Bernama asli Hollerith Electronic Computer (HEC), komputer ini sukses dan laris hingga ke luar negeri pada jamannya. Tercatat penjualan HEC kala itu menjangkau India, New Zealand, dan beberapa daerah di Afrika Timur. uniknya, tak hanya foto kenangannya saja yang disimpan, namun komputer yang didesain oleh Professor Andrew Booth dari Birkbeck College, London itu pun masih tersimpan dengan baik.

Pada tahun 1951, Booth menjalin kerjasama dengan British Tabulating Machine Company (BTM) dan akhirnya menciptakan alat hitung yang kemudian jadi cikal bakal komputer di era digital. Tak sebesar komputer sebelumnya, komputer baru itu 'hanya' berukuran 1,5 x 3 x 0,5 meter saja.

Percaya atau tidak, komputer tersebut memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 2kb saja, yang terletak pada sebuah magnetic memory drum. Jika dalam kurun waktu sekian tahun perkembangan teknologi sedemikian pesatnya, kira-kira seperti apa PC di 10-15 tahun mendatang ya?

Dr. Raymond Bird dan HEC keluaran tahun 1953
© 2016 gizmag.com/gizmag.com

 

 

WHAT TO READ NEXT ?