Sensor detak jantung Apple Watch dilaporkan tidak akurat

Sensor detak jantung Apple Watch dilaporkan tidak akurat

Techno.id - Jam tangan pintar Apple Watch telah dibekali dengan sejumlah fitur kebugaran (Health & Fitners). Sebut saja salah satunya seperti sensor detak jantung yang berfungsi untuk memantau kesehatan jantung para penggunanya.

Kendati demikian, tampaknya ada beberapa pengguna Apple Watch yang mulai mengeluhkan jam tangan pintar besutan Apple tersebut. Ya, sensor detak jantung jam tangan mewah itu dilaporkan tidak menghasilkan data yang akurat.

Sebagaimana dikutip dari Ubergizmo (23/10), hal ini bermula ketika sejumlah laporan terkait mulai bergulir di halaman resmi Apple Support. Selain itu, juga ada beberapa pengguna yang mengeluhkan hal serupa di situs media sosial Reddit.

Beberapa pengguna bahkan mengklaim jika mereka sudah mengirimkan Apple Watch ke pihak Apple untuk diperbaiki. Namun, saat jam tangan pintar itu sudah kembali ke tangan pemiliknya, sensor detak jantung masih tetap tidak akurat.

Usut punya usut, data yang dihasilkan oleh sensor detak jantung Apple Watch ternyata lebih rendah ketimbang perangkat serupa. Mereka pun kemudian membandingkan dengan perangkat kebugaran lainnya seperti yang dibuat oleh vendor Polar Electro.

Di lain pihak, Apple berkilah jika sensor tersebut akan memberikan hasil data yang berbeda jika jenis gerakan yang dihasilkan juga berbeda. Menurut Apple, sensor gerakan berirama seperti berjalan akan menghasilkan pembacaan yang lebih akurat dibandingkan dengan gerakan yang tak menentu seperti olahraga tenis.

(brl/red)