CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 19 November 2015 12:00

Selain pengeras suara, megafon ini bisa terjemahkan tiga bahasa

Megaphoneyaku dapat menerjemahkan tiga bahasa, di antaranya bahasa Inggris, Tiongkok, dan Korea.

Selain pengeras suara, megafon ini bisa terjemahkan tiga bahasa

Techno.id - Baru-baru ini, ada yang menarik di Bandara Tokyo. Bandara tersebut kabarnya sedang menguji megafon (pengeras suara) dari Panasonic yang dapat menerjemahkan perkataan ke tiga bahasa yang berbeda. Megafon yang diberi nama Megaphoneyaku ini akan 'diperkerjakan' sebagai penerjemah oleh pihak Bandara Tokyo.

Sekilas, memang tak terlihat asing megafon tersebut. Namun, bila disaksikan dari dekat akan nampak sebuah layar dengan tiga buah angka. Angka ini mewakili masing-masing dari bahasa yang diterjemahkan yakni Inggris, Tiongkok, dan Korea. Jadi, apapun yang diucapkan petugas dari salah satu bahasa tersebut, maka dapat diterjemahkan ke dalam dua bahasa yang berbeda, seperti yang disampaikan oleh SlashGear (18/11/2015).

Menurut pihak Bandara, Megaphoneyaku diciptakan karena sulitnya para staf dalam berkomunikasi dengan wisatawan asing saat ada bencana banjir di sana. Tepatnya tahun 2014, kala itu Tokyo terkena banjir dan banyak turis asing yang mengungsi di Bandara Tokyo. Sayangnya, pertolongan kurang maksimal karena banyak staf bandara yang tidak mengerti bahasa dari para wisatawan.

Meski dapat menerjemahkan ke dalam tiga bahasa, namun hasil terjemahannya tidak sebaik terjemahan para translator. Hasil terjemahan dari Megaphoneyaku lebih cenderung ke terjemahan aplikasi smartphone atau halaman web (Google Translate). Kendati demikian, setidaknya para staf dan wisatawan merasa terbantu karena sudah mengerti inti dari perkataan yang dibicarakan oleh petugas bandara.

WHAT TO READ NEXT ?