CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 20 Februari 2016 06:00

Samsung dan Qualcomm jalin kerja sama buat teknologi LTE-U

Teknologi sel ini kabarnya dapat meningkatkan performa jaringan di area padat akses sinyal sekali pun.

Samsung dan Qualcomm jalin kerja sama buat teknologi LTE-U

Techno.id - Raksasa teknologi asal Korea Selatan, Samsung dilaporkan menggandeng sang kompetitor di bisnis chipset, Qualcomm untuk membuat sebuah teknologi canggih pendukung LTE di spektrum tak berlisensi atau LTE-U. Teknologi sel yang dinamai LTE-U eFemto itu kabarnya dapat membantu operator seluler mengatasi permintaan yang meroket untuk data mobile.

Sebagaimana dilansir oleh Newsroom Samsung (17/2/16), teknologi canggih yang dimiliki oleh LTE-U eFemto dikabarkan berasal dari chipset besutan Qualcomm, FSM9955. Nah, berkat teknologi canggih dari chipset tersebut maka teknologi sel LTE-U eFemto dikabarkan mampu meningkatkan performa jaringan di area padat sekali pun seperti rumah sakit, kantor, mall, dan ruang publik lainnya.

Menariknya, teknologi sel LTE-U eFemto dikabarkan juga dapat mendukung aliran data terpisah dari spektrum 20MHz baik dari spektrum berlisensi maupun tidak berlisensi. Bahkan, teknologi sel menawarkan kecepatan download data hingga 450Mbps. Menarik bukan?

Teknologi sel LTE-U eFemto buatan Samsung dan Qualcomm dilaporkan bakal resmi diperkenalkan pada ajang Mobile World Congress 2016 yang akan diselenggarakan di Barcelona, Spanyol. Meski cukup menjanjikan, beberapa pihak berpendapat jika tak dimanfaatkan dengan benar maka kehadiran teknologi sel LTE-U bisa jadi menyebabkan degenerasi sinyal WiFi lokal.

Ilustrasi Qualcomm
© thenextweb.com

 

WHAT TO READ NEXT ?